Program S1 dan D4, Apa Saja Perbedaannya?

Penulis: Muhamad Ikhsan
12 Mei 2022 03:41

Mulai UTBK tahun 2021, terdapat pilihan lain selain program sarjana (S1), yaitu program sarjana terapan (D4). Kedua program ini sama-sama membuthkan waktu empat tahun dalam studi, nyatanya terdapat perbedaan di antara kedua program ini. Lantas, apa saja sebenarnya perbedaan kedua program ini? Simak artikel ini ya.

Sekilas Mengenai Program Sarjana Terapan (D4)

Universitas Indonesia, sumber:wallpaper.dog

Umumnya, program sarjana terapan digunakan oleh Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) seperti Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN yang menyelenggarakan program D-IV Akuntansi dan bukan S1. Namun hal ini tidak sepenuhnya mutlak dilakukan oleh PTK, terdapat juga politeknik yang melaksanakan program sarjana terapan.

Melansir UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dijelaskan dalam pasal 18 bahwa S1 atau program sarjana merupakan pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat sehingga mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah.

Sedangkan dalam pasal 21 dituliskan, D4 atau sarjana terapan masuk dalam program diploma atau pendidikan vokasi bertujuan mengembangkan keterampilan dan penalaran dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berdasarkan UU ini, program S1 memfokuskan studi teori, dan program D4 memfokuskan diri pada kecakapan yang bersifat praktik untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki bidang pekerjaan yang dipelajarinya.

Perbedaan Program Sarjana Terapan (D4) dengan Program Strata Satu (S1)

Politeknik Negeri Jakarta, sumber:linkedin.com

Dalam keseluruhan masa studi, program S1 mengutamakan pembelajaran teori sekitar 60 persen dan praktik sekita 40 persen dari keseluruhan masa studi. Di sisi lain, program D4 memiliki komposisi praktik sebesar 60 persen dan teori sebesar 40 persen. Selain itu meskipun bidang studi yang dipelajari serupa antara S1 dan D4, kedua program ini memiliki nama program studi yang berbeda seperti program S1 Teknik Sipil, pada program D4 menjadi Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil ataupun program S1 Akuntansi, pada program D4 menjadi Akuntansi Sektor Sipil.

Pada sisi keluaran atau lulusannya, lulusan S1 memiliki gelar sarjana diikuti sesuai jurusan yang diambil. Misalnya S.Pd (Sarjana Pendidikan), S.S (Sarjana Sastra) atau S.Th (Sarjana Theologi). Sementarai itu pada gelar D4 seperti S.Tr.P (Sarjana Terapan Pariwisata),  S Tr. Keb (Sarjana Terapan Kebidanan), atau S Tr.T (Sarjana Terapan Teknik). Hal penting yang perlu dicatat bahwa meskipun kedua program tersebut memiliki perbedaan dalam proses pendidikan dan corak kurikulum, kedua program ini adalah setara.

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara (1)

21 Juli 2022 10:42
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Komunis Rusia Tahun 1917

21 Juli 2022 08:32
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49