Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Penulis: Muhamad Ikhsan
13 Mei 2022 09:07

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang baik secara fisik maupun mental. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan sebagai kondisi fisik, mental, sosial dan spiritual yang baik tanpa adanya penyakit maupun gangguan kesehatan lain. Sedangkan kesehatan mental didefinisikan sebagai kondisi mental yang baik dimana individu bisa memahami kemampuan diri, menghadapi tekanan sehari-hari dan bisa berkontribusi aktif dalam masyarakat.

Isu kesehatan mental bukanlah sesuatu yang berlebihan, sebaliknya hal ini harus dikampanyekan dengan total pada semua lapisan masyarakat. Jika tidak ditanggulangi dengan baik, masalah kesehatan mental akan menjadi penyakit yang menghantui masyarakat modern. Hal ini karena kehidupan masyarakat modern yang penuh tekanan dan tuntutan.

Secara khusus, gangguan kesehatan mental dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Kondisi mental yang tidak sehat dapat mengakibatkan ragam penyakit seperti gangguan jantung, pembuluh darah, diabetes, penyakit hati dan penyakit kronis lain. Selain mengganggu kesehatan fisik, gangguan mental berperan dalam memperburuk kondisi kehidupan sosial seperti kriminalitas, kejahatan, pengangguran dan penyalahgunaan narkotika.

Apa saja Jenis Gangguan Mental?

Gangguan kesehatan mental secara umum dapat dikategorikan menjadi dua jenis yakni gangguan kecemasan dan gangguan mood. Gangguan kecemasan dapat berupa gangguan stress pasca trauma / Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD), Obsessive-Compulsive Disorder (OCD), serangan kepanikan dan ragam phobia. Sedangkan gangguan mood dapat berupa depresi dan bipolar yang mengakibatkan seseorang tidak dapat mengontrol suasana hati dan emosi.

Generasi Remaja Juga Rentan Terkena Gangguan Kesehatan Mental

Sama seperti orang dewasa, anak-anak dan remaja juga dapat terganggu kesehatan mentalnya. Kondisi pergaulan, lingkungan sekolah dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) berkontribusi terhadap gangguan mental. Kesehatan mental yang terganggu dapat memengaruhi pertumbuhan fisik dan mental anak-anak dan remaja apabila tidak ditangani dengan baik.

Bagaimana Menjaga Kondisi Kesehatan Mental?

Demi mendapatkan kondisi tubuh yang prima, kita dapat melakukan ragam aktivitas yang membantu menjaga kesehatan mental di kehidupan sehari-hari. Perilaku sederhana seperti olahraga, asupan makanan sehat, cukup tidur, bersikap terbuka dan rutin menceritakan masalah pada orang lain dapat dilakukan tanpa harus pergi ke rumah sakit maupun psikiater.  

Bagaimana Menyampaikan Keluh Kesah pada Orang Lain?

Bercerita dengan orang lain tentang masalah yang kita hadapi bukanlah hal yang buruk. Hal ini justru baik karena segala sesuatu yang dipendam dan berlebihan tidak akan pernah memberikan hasil yang baik. Apabila enggan bercerita kepada orang lain, kita dapat menelepon layanan konseling yang disediakan pemerintah dengan menekan (021) 500-454 dan akan terhubung pada layanan kesehatan terpadu milik Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

sumber:

http://vikaspedia.in/health/mental-health/awareness-of-mental-health?commenting

https://blog.doctorondemand.com/why-its-important-to-care-for-your-mental-health-834c8670b889

http://www.centerpointeinc.com/resources/mental-health-information/importance-of-mental-health.html

https://tirto.id/penting-hotline-untuk-krisis-kejiwaan-dan-dorongan-bunuh-diri-cQrw

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara (1)

21 Juli 2022 10:42
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Komunis Rusia Tahun 1917

21 Juli 2022 08:32
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49