Pentingnya Mencatat Ketika Belajar

Penulis: Muhamad Ikhsan
15 Mei 2022 09:14

Mencatat adalah bagian yang penting dalam belajar. Ketika mencatat . Berikut ini adalah alasan mengapa mencatat itu penting.

1. Manfaat Mencatat dalam Belajar

Mencatat sebagaimana kemampuan belajar yang lain harus dikuasai dengan baik. Penguasaan yang baik tersebut akan menjadikan diri kita dapat lebih efektif dalam belajar. Kita tidak harus membaca seluruh materi ketika belajar ataupun mengingat hal yang pernah kita alami secara tidak jelas. Lebih lanjut, berikut ini adalah manfaat mencatat dalam belajar.

Mencatat Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Ketika kita belajar, mencatat dapat meningkatkan konsentrasi. Hal ini karena ketika kita mencatat suatu hal, kita memaksa diri kita untuk memahami bagaimana materi yang dipelajari. Mencatat hal yang dilihat dan didengar membantu kita menata pemahaman terhadap suatu hal agar mudah dibaca di kemudian hari. Perlu diingat bahwa mencatat bukan berarti menulis semua hal yang dipelajari ketika belajar, kita cukup menuliskan poin-poin penting dalam pelajaran tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami.

Mencatat Mengabadikan Ingatan

Orang yang mencatat ketika belajar atau dalam peristiwa lainnya dapat membaca kembali apa yang dituliskan di lain waktu. Mencatat adalah hal yang penting karena menulis adalah pekerjaan yang dapat mengabadikan ingatan, fakta dan peristiwa di masa ini untuk disimak kembali.

Membentuk Pribadi yang Teratur dan Disiplin

Kebiasaan mencatat dapat membentuk pribadi menjadi lebih disiplin. Hal ini karena orang tersebut terbiasa untuk mendengarkan ataupun menyimak semua hal yang didapatkan dan menuliskannya dalam catatan. Kedisiplinan akan terbentuk karena kerapihan dan kemampuan dalam mengorganisasikan hal yang didapatkan akan meningkat sehingga berpengaruh terhadap keteraturan dalam kegiatan lain dalam hidup.

2. Bagaimana Cara Meningkatkan Konsentrasi dalam Mencatat

Setelah kita mengetahui manfaat dalam mencatat, lantas bagaimana cara mencatat itu sendiri? Tidak semua orang memiliki kemampuan mencatat apa yang didengar dan dilihatnya dengan baik. Tapi jangan khawatir, kemampuan ini bisa diasah dengan meningkatkan kemampuan konsentrasi. Berikut ini adalah cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan konsentrasi dalam mencatat

 Jagalah Fokus ketika Belajar

Ketika kita mencatat, berfokuslah membaca informasi tersebut. Jauhkan gawai dari genggaman. Mendekatkan gawai hanya akan membuat pikiran kita tergoda untuk melihat apakah ada notifikasi terbaru ataupun sekadar membukanya untuk alasan yang kurang jelas. Setelah menjauhkan kenangan gawai dari genggaman, bacalah buku ataupun sumber belajar lain lebih dari satu kali. Pengulangan ini akan membantu karena menjadikan informasi yang kurang bisa tertangkap pada percobaan pertama dapat dipahami. Selain itu pengulangan ini membantu pikiran kita agar bisa berfokus dan menyusun kata yang tepat untuk dituangkan dalam catatan.

Jauhkan Penilaian Diri atas Informasi

Menjadi netral dalam proses membaca maupun memproses informasi lainnya sangat penting. Menjadi netral dan objektif membantu kita untuk memproses informasi secara benar tanpa terpengaruh emosi. Emosi yang dimunculkan dalam memproses informasi tidak baik manfaatnya karena menyulitkan kita mendapatkan inti informasi sebenarnya dalam catatan.

3. Cara Mencatat yang Baik

Mencatat dengan baik membantu kita dalam membuat ataupun membaca kembali tulisan yang sudah kita buat sebelumnya. Untuk mendapatkan hasil catatan yang baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti :

Tulislah Inti-Intinya Saja

Menuliskan potongan-potongan kalimat ketika mencatat membantu kita mengaitkan antara satu ide dengan ide lainnya. Hilangkan kebiasaan untuk mencatat kalimat secara penuh karena hal ini tidak efektif dan mengurangi kadar keringkasan dalam catatan.

Urutkan Sub-Materi dengan Baik

Mengurutkan sub materi dengan memberikan judul, sub judul dan pembagian lain membantu kita memahami isi catatan dengan baik. Hal ini juga mempercepat kita dalam mencari bagian tertentu dari materi ketika dibutuhkan secara cepat.

Berikan Warna dan Simbol-Simbol

Pemberian warna dan simbol-simbol ditujukan untuk membedakan poin-poin yang benar-benar penting dan poin lainnya. Warna yang berbeda dapat memudahkan kita menangkap informasi karena menarik perhatian mata. Hal yang perlu diingat adalah warnai catatan seperlunya saja karena jika catatan yang diwarnai secara berlebihan malahan akan menyulitkan kita mencari informasi.

Gunakan Peta Konsep dan Diagram

Penggunaan peta konsep dan diagram dapat mempermudah kita menuliskan hubungan antar-informasi dengan cepat. Buatlah peta konsep atau diagram dalam selembar kertas dan isilah dengan poin-poin penting yang diperlukan serta garis yang menghubungkan urutan ataupun tingkatan antara satu konsep dengan konsep lainnya.

 Dengan memahami pentingnya mencatat dan semua manfaat yang dikandungnya, kita dapat menerapkan semua ini agar proses belajar maupun penyerapan informasi menjadi lebih maksimal serta mempermudah kita mengulangi kembali informasi yang ingin didapatkan.

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara (1)

21 Juli 2022 10:42
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Komunis Rusia Tahun 1917

21 Juli 2022 08:32
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49