Penjelajahan Samudera, Era Baru Menyingkap Misteri Dunia

Penulis: Muhamad Ikhsan
14 Juni 2022 02:29

Abad ke 15 dan 16 masehi dikenal sebagai era penjelajahan samudera. Penjelajahan ini didasari oleh rasa ingin tahu masyarakat Eropa mengenai dunia yang mereka tinggali. Selain itu, penjelajahan samudera didasari oleh jalur perdagangan darat yang berisiko karena kehadiran bangsa Mongol yang dikenal sebagai perompak para pedagang. Hal lain yang mendasari penjelajahan samudera adalah ditutupnya akses Laut Mediterania bagi pedagang Eropa menuntut para pedagang Eropa lain untuk tetap dapat berlayar dan mencari komoditas perdagangan. Hasil era ini adalah banyaknya rute pelayaran baru ditemukan, wilayah baru ditaklukkan, komoditas perdagangan baru didapatkan.

Benua Afrika

Bangsa Eropa telah lama menjalin hubungan perdagangan dengan masyarakat Afrika. Bangsa Yunani dan Romawi kuno menjadi yang pertama dalam kontak mereka di benua hitam tersebut. Pada abad ke 2 masehi, Ptolomeus, seorang ilmuwan Romawi berhasil menyusun peta dunia yang memuat wilayah Afrika bagian timur.

Pada abad pertengahan, tepatnya pada abad ke 15 dimulailah penjelajahan laut yang disponsori oleh Pangeran Henry Sang Navigator dari Portugal. Penjelajahan menuju pantai barat Afrika ditujukan untuk mengeksplor lebih jauh jalur laut baru melewati Afrika. Tahun 1488, pelaut Portugis lain berhasil sampai ke Tanjung Harapan di Afrika Selatan. Disamping semua perjalanan yang dilakukan bangsa eropa, Afrika dikenal karena beragam komoditas berupa emas, karet, gading dan budak yang d yang diekspor menuju eropa dan dunia. 

Penjelajahan Amerika

Pada abad ke 15 masehi mayoritas perjalanan menuju Benua Asia dari Eropa dilakukan menggunakan jalur laut. Hal ini bukan tanpa alasan sebab jalur darat menawarkan bahaya perampokan, iklim yang ganas dan waktu yang sangat panjang untuk ditempuh. Satu-satunya opsi terbaik adalah jalur laut melewati sepanjang Benua Afrika hingga Tanjung Harapan, kemudian menuju India ataupun pelabuhan lain. 

Melewati Afrika juga terlalu melelahkan, kata seorang pelaut bernama Christopher Colombus. Colombus menawarkan opsi jalur lain yaitu melewati Samudera Atlantik yang lebih dekat tapi berbahaya karena belum ada yang berani menyingkap misteri dibaliknya. Risiko tersebut membuat ide Colombus tidak diterima oleh Portugis dan Britania. Tanpa putus asa, Colombus kemudian menawarkan perjalanannya kepada Spanyol dan ide tersebut diterima oleh Raja Ferdinand dan Ratu Isabella.

Bukan tanpa alasan sang raja dan ratu menerima dan membiayai perjalanan pelaut Italia tersebut. Keduanya menginginkan potensi keuntungan atas wilayah baru yang akan menjadi koloni Spanyol sekaligus nama besar atas misi penyebaran Katolik di dunia.

Pada tanggal 3 Agustus 1492, Colombus memulai perjalanannya dengan Kapal la Santa Clara (Niña), la Pinta dan la Santa Gallega (Santa Maria) yang ia naiki. Selama 35 hari, Colombus dan 86 kru lainnya berlayar mencari rute baru menuju India dan Cina. Meskipun rute Samudera Atlantik tidaklah mudah dilalui, Colombus berhasil mendarat di salah satu pulau benua Amerika yang ia kira sudah berada di India. Kesalahan Colombus itulah yang menyebabkan masyarakat asli Benua Amerika disebut Indian.

Hal yang perlu dicatat adalah Colombus tidak benar-benar menjadi yang pertama dalam mendaratkan dirinya di tanah Amerika. Hal ini karena penjelajah Eropa yang pertama kali berada di Benua Amerika adalah Leif Eriksson, seorang Viking pada abad ke 11 masehi. Namun perjalanan Colombus akan selalu dikenang karena keberaniannya memulai eksplorasi dan eksploitasi masyarakat “Dunia Lama” di “Dunia Baru” yang mewarnai kehidupan dunia hingga saat ini.

Terra Australis Incognita, Perjalanan Menuju Australia yang Misterius

Istilah Terra Australis Incognita yang berarti pulau di wilayah selatan yang misterius berasal dari legenda Yunani dan Romawi kuno. Misteri tersebut menggugah kerajaan Britania di abad ke 18 untuk menjelajahinya.

Penjelajahan menuju Australia dimulai tahun 1768 ketika Kapten James Cook berlayar ke arah selatan dunia. Selain menjelajah, dirinya mengemban pesan dari Raja George III untuk memperluas kekuasaan Britania dengan mencari wilayah koloni baru.

Penjelajahan pimpinan James Cook ini memberikan kesan baru bagi dunia. Pandangan terhadap Samudera Pasifik yang misterius hilang ketika dirinya membuka jalan baru dunia. Peta, jurnal dan buku perjalanan milik James Cook menjadi panduan pelayar dunia yang menuju Samudera Pasifik sampai abad ke 20-an. Kapten James tercatat telah melakukan tiga kali penjelajahan samudera, namun pada artikel ini kita hanya akan membahas perjalanan pertamanya menemukan Benua Australia.

Penjelajahan Kapten Cook yang pertama dilakukan pada tahun 1768 sampai 1771. Penjelajahan ini tidak dilakukannya sendirian, namun terdapat tiga kapal lainnya selain kapal HMS Endeavour yang ia naiki. Tujuan penjelajahan ini adalah untuk mengamati fenomena Planet Venus yang melintasi matahari dan membuktikan keberadaan Terra Australis Incognita yang selama  ini beredar sebagai mitos.

Rute penjelajahan pertama Kapten Cook dimulai dari pelabuhan Plymouth menuju Samudra Atlantik, kemudian menuju Tahiti untuk mengamati planet Venus. Setelah selesai mengamati Venus, perjalanan yang sebenarnya baru dimulai karena belum terdapat panduan maupun peta yang menjelaskan bagaimana keadaan Samudera Pasifik.

Nasib baik ternyata masih menaungi Kapten James, dirinya berhasil sampai ke New Zealand pada 1769. Dirinya adalah penjelajah asal Eropa kedua yang berhasil sampai ke New Zealand setelah Abel Tasman tahun 1642. Pada tahun berikutnya, tepatnya bulan April 1770, Kapten Cook berhasil sampai ke wilayah pantai timur Australia.

Selama enam bulan yang melelahkan, akhirnya Kapten Cook singgah di Batavia untuk memperbaiki kapal dan mengisi kembali perbekalan di Batavia pada oktober 1770. Tanggal 12 Juli 1771, Kapten Cook mengakhiri perjalanannya setelah sampai di Inggris dan mengabarkan temuan tersebut kepada Raja George III.

https://www.bl.uk/the-voyages-of-captain-james-cook/articles/the-first-voyage-of-james-cook

https://www.sl.nsw.gov.au/stories/captain-cooks-voyages-discovery

https://lib-dbserver.princeton.edu/visual_materials/maps/websites/pacific/cook1/cook1.html

https://www.history.com/news/christopher-columbus-ships-caravels

https://www.gilderlehrman.org/history-now/spotlight-primary-source/columbus-reports-his-first-voyage-1493

http://www.eyewitnesstohistory.com/columbus.htm

https://www.thoughtco.com/european-exploration-of-africa-43734

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49
Sejarah Dunia

Mengenal Ideologi Nasionalisme dan Demokrasi

01 Juli 2022 11:04
Materi dan Pembelajaran SMA

Kehidupan Sosial dan Politik Masa Pendudukan Jepang

15 Juni 2022 12:51