Mengapa Pendidikan Penting Bagi Kita?

Penulis: Muhamad Ikhsan
13 Mei 2022 10:33

Pendidikan merupakan hal yang penting dalam proses memperoleh ilmu pengetahuan. Sekolah merupakan salah satu cara kitn memperoleh pendidikan. Bersekolah memiliki fungsi utama untuk mendapatkan pengetahuan disamping mengasah kemampuan sosial seseorang dalam berkomunikasi dan bersosialisasi secara efektif. Kedua hal tersebut dapat dikatakan adalah modal yang penting bagi pengembangan karier maupun kehidupan sosial seseorang di masa depan.

Berikut ini adalah alasan mengapa pendidikan penting dalam memberikan garis besar kehidupan seseorang

  • Pendidikan Membantu Mewujudkan Cita-Cita

Secara formal pendidikan dapat membantu seseorang untuk menggapai cita-cita yang diinginkan. Setiap cita-cita dibutuhkan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan bidangnya. Misalkan untuk menjadi polisi, seseorang harus menjalani pendidikan kepolisian, menjadi guru dengan kuliah di jurusan pendidikan dan lain sebagainya. Namun kenyataannya tingkat pendidikan seseorang memang akan menentukan apa profesinya pada masa mendatang. Setidaknya dengan pendidikan yang baik seseorang bisa lebih leluasa menentukan kehidupannya.

  • Membuka Cakrawala Berpikir

Seseorang dengan jenjang pendidikan yang baik cenderung memiliki pola pikir yang lebih terbuka dibandingkan dengan orang yang tidak berpendidikan. Pola pikirnya tidak hanya terpusat pada satu bidang saja, tetapi hampir untuk semua bidang-bidang di kehidupan. Pendidikan mengkonstruksi pola pikir seseorang untuk dapat memecahkan masalah dengan mencari solusi yang terbaik.  Hal ini berlaku dalam semua jenis ilmu, disadari atau tidak. Selain itu, pemikirannya juga akan lebih bijak dan tidak terburu-buru dalam menimbang segala sesuatu.

  • Memperluas Jaringan Pertemanan

Selama menempuh jenjang pendidikan seseorang akan berinteraksi dengan yang lainnya. Interaksi ini dapat membentuk jaringan pertemanan yang luas. Hal ini menjadi pertanda bahwa masa menempuh pendidikan, baik itu pendidikan menengah (SMA) maupun jenjang perkuliahan merupakan saat-saat emas memperluas lingkungan pergaulan dan kolega yang berguna di masa depan.

  • Memiliki Peluang Kerja yang Lebih Besar

Setiap pekerjaan membutuhkan jenjang pendidikan minimal untuk dipenuhi seseorang apabila menginginkan posisi tersebut. Pendidikan memiliki fungsi untuk memberikan keterampilan yang diperlukan bagi pekerjaan tertentu, misalkan jika kita berkuliah di jurusan akuntansi, kita akan diberikan pembelajaran yang melatih keterampilan dalam menghitung dan menyelesaikan problem urusan pembukuan dan seluk beluk di dalamnya. Atau kita bisa melihat bahwa pada jenis pekerjaan tertentu membutuhkan lulusan strata satu (S1) untuk mengisi posisi tersebut, hal ini karena lulusan S1 dianggap bisa menyelesaikan permasalahan pekerjaan yang membutuhkan proses berpikir analitik dibandingkan lulusan pendidikan yang lebih rendah.

  • Memiliki Kehidupan yang Lebih Terstruktur

Pemikiran yang tertata berkontribusi dalam kehidupan yang lebih matang. Seseorang dengan jenjang pendidikan yang tinggi biasanya dapat memperhitungkan kehidupannya lebih matang, membuat perencanaan kehidupan dan memiliki kemampuan untuk menahan diri demi kebaikannya sendiri. Kelebihan tersebut lagi-lagi disebabkan proses pendidikan yang menjadi bekal untuk berpikir secara sehat, terbuka dan realistis terhadap peluang dan kenyataan yang dimiliki.

\

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia

20 Mei 2022 02:54
Materi dan Pembelajaran SMA

Era Aufklarung, Masa Setelah Renaisans

20 Mei 2022 02:32
Materi dan Pembelajaran SMA

Indonesia Masa Awal Kemerdekaan

20 Mei 2022 11:19
Pengetahuan Umum

Aksi Kamisan, Berdiam Diri Melawan Lupa

17 Mei 2022 01:55
Pendidikan Umum

7 Tips Ampuh Mempersiapkan Diri Menuju SBMPTN

15 Mei 2022 09:47