Mengapa Kita Mengalami Kesulitan Mempelajari Bahasa Inggris?

Penulis: Muhamad Ikhsan
13 Mei 2022 10:26

Bahasa Inggris merupakan bahasa masyarakat dunia. Bahasa Inggris digunakan sebagai sarana komunikasi yang menghubungkan beragam masyarakat di berbagai benua. Oleh karena itu sudah selayaknya kita memelajari bahasa tersebut untuk memudahkan komunikasi, menyerap pengetahuan baru dan terhubung dengan berita terkini dunia.

Dalam memelajari bahasa Inggris, kita kadang kesulitan untuk memahami struktur, pola bahasa, dan tata cara pembacaan kalimat. Sebenarnya apakah yang menyebabkan kita kesulitan memelajari bahasa Inggris?

Kurang Meluangkan Waktu

Seperti pepatah practice makes perfect, memelajari bahasa Inggris membutuhkan keseriusan kita untuk meluangkan waktu yang dimiliki. Terlebih lagi, rutinitas yang kita jalani seakan-akan menghabiskan perhatian, tenaga dan waktu sehingga sulit memelajari bahasa Inggris. Meskipun demikian, alasan ini sebaiknya tidak dijadikan tameng untuk tidak berupaya memperbaiki pemahaman berbahasa Inggris. Kita bisa menyempatkan diri membaca artikel maupun tayangan berbahasa Inggris melalui ponsel dimana saja.

Asing Terhadap Hal Baru

Perasaan asing terkadang hinggap dalam pikiran ketika kita memelajari bahasa Inggris. Hal ini wajar karena bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu masyarakat Indonesia. Beragam kosa kata baru yang belum kita kenal harus dihapalkan dan dipahami dalam pikiran. Tapi tenang saja, perasaan asing ini lama kelamaan akan hilang seiring bertambahnya kualitas dan kuantitas pemahaman kita terhadap bahasa Inggris.

Ejaan yang Sulit

Kesulitan ini dimulai dengan pengucapan abjad yang banyak perbedaannya dibandingkan bahasa Indonesia. Jika dalam bahasa Indonesia huruf diucapkan serupa dengan tulisannya, aturan ini tidak sepenuhnya berlaku dalam bahasa Inggris. Ambil contoh abjad “a” yang diucapkan “e”, “b” yang diucapkan “bi” bukannya “be” dalam bahasa Indonesia dan beragam huruf lainnya.

Lebih lanjut, terdapat aturan bacaan kata yang terkadang membingungkan. Terdapat kata-kata yang hurufnya tidak diucapkan seperti kata island yang hilang huruf “s” nya ketika dibaca, knife yang tidak diucapkan huruf “k” dan banyak kata lain.

Hal-hal ini memerlukan konsentrasi serius apabila kita berniat menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan ataupun bahasa akademik.

Homofon

I decided to desert my dessert in the desert. Pada kalimat ini terdapat kata yang memiliki bunyi sama namun memiliki arti maupun huruf yang berbeda. Kata desert yang pertama memiliki arti mengabaikan, kata dessert berarti makanan semacam pudding dan kata desert yang kedua memiliki arti gurun. Memang hal ini memusingkan bagi kita yang baru memelajari bahasa Inggris, terlebih arti dari homofon ini berbeda jauh satu sama lain.

Jika masih merasa mudah, mari kita pindah ke contoh lain homofon.

The door was too close to the table to close.  Kata close yang pertama harus diucapkan dengan pelafalan huruf “s” yang halus untuk memberikan arti dekat. Kata close yang kedua harus diucapkan dengan pelafalan huruf “s” yang lebih keras dan jelas untuk memberikan arti perbuatan menutup sesuatu.

Terlalu Banyak Aturan Bahasa

Tidak seperti bahasa Indonesia yang tidak memiliki banyak aturan, bahasa Inggris memiliki banyak aturan yang harus dipenuhi. Dalam bahasa Indonesia tidak dijumpai beragam konteks waktu dan bentuk kata kerja yang berbeda dalam perbedaan waktu tersebut. Perbedaan kata yang memiliki arti sama dalam bahasa Inggris disebut irregular verb yang bisa dilihat di bawah ini “

Irregular Verbs

Kita tidak akan mengucapkan kata yang berbeda pada kata “bertarung” yang berbeda dalam jenis kalimat masa lalu. Lain halnya dengan kata fight yang harus ditulis fought jika kita ingin menuliskannya dalam kalimat dengan latar waktu di masa lalu.

Sinonim

Ketika kita melihat kamus untuk mencari arti suatu kata, terkadang kita akan menemukan sinonim dari kata tersebut. Dalam bahasa Indonesia mungkin sinonim dari sebuah kata dapat digunakan dengan bebas, namun hal ini tidak berlaku dalam bahasa Inggris. Misalnya kata watch dan see yang sama-sama berarti melihat, kita mungkin bisa mengganti frase watch film dengan see film namun hal ini tidak bisa dilakukan pada see television karena kata see dalam frase ini merujuk kepada melihat televisi sebagai benda bukannya menonton televisi.

Bagaimana Solusinya?

Disamping kesulitan yang terdapat dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, seharusnya hal-hal tersebut tidak boleh dipandang sebagai halangan. Perlu ada penyikapan secara positif dan penyusunan strategi terhadap kesulitan-kesulitan ini.

Kesalahan pertama dalam memelajari bahasa baru adalah anggapan tentang keharusan menghapalkan sebanyak-banyaknya kosa kata baru. Memang tidak sepenuhnya salah, tapi tidak juga sepenuhnya benar. Kita tidak bisa menghapalkan sekaligus banyak hal dalam waktu yang berdekatan secara total. Diperlukan kemampuan memahami kosa kata dalam konteks yang lebih luas dan penggunaan yang beragam. Jika kita sudah menguasai bahasa Inggris dengan baik, kita akan memahami bahasa Inggris seperti bahasa Ibu dengan otomatis tanpa harus memikirkan arti kosa kata tersebut dalam bahasa Indonesia.

Kita bisa mulai memelajari bahasa Inggris sedikit demi sedikit asalkan dilakukan dengan teratur dan disiplin. Mulailah belajar dengan topik yang disukai, misalnya jika seseorang tertarik dalam bidang teknologi, dirinya bisa mulai membaca artikel, menonton video melalui  melalui Youtube atau mendengarkan podcast berbahasa Inggris dimanapun dan kapanpun.  Proses belajar yang tidak dipaksakan membuat pengetahuan dan kosa kata baru akan dipahami secara lebih maksimal ketimbang dalam kondisi yang kaku dan membosankan.

sumber:

https://www.daytranslations.com/blog/2018/01/learning-english-hard-10617/

https://www.lingq.com/blog/2017/10/03/is-english-hard-to-learn/

https://www.oxford-royale.com/articles/learning-english-hard.html

http://theconversation.com/why-is-english-so-hard-to-learn-53336

https://www.psychologytoday.com/us/blog/language-in-the-mind/201702/why-english-is-such-difficult-language-learn

 https://www.omniglot.com/language/articles/languagelearningasanadult.htm

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia

20 Mei 2022 02:54
Materi dan Pembelajaran SMA

Era Aufklarung, Masa Setelah Renaisans

20 Mei 2022 02:32
Materi dan Pembelajaran SMA

Indonesia Masa Awal Kemerdekaan

20 Mei 2022 11:19
Pengetahuan Umum

Aksi Kamisan, Berdiam Diri Melawan Lupa

17 Mei 2022 01:55
Pendidikan Umum

7 Tips Ampuh Mempersiapkan Diri Menuju SBMPTN

15 Mei 2022 09:47