Mengapa Kita Harus Mempelajari Sejarah (Bagian 2)

Penulis: Muhamad Ikhsan
14 Juni 2022 01:53

Setelah di bagian sebelumnya kita telah belajar perihal cara berpikir sejarah, karakteristik ilmu sejarah dan konsep ilmu sejarah, pada bagian ini kita akan membedah mengenai metode sejarah dan proses penyusunan penelitian sejarah.  

Metode Sejarah

Menurut KBBI metode merupakan cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki. Sebagaimana metode dalam bidang ilmu lain, sejarah memiliki metodenya sendiri yang khas. Menurut Kuntowijoyo, metode sejarah sebagai petunjuk pelaksaaan dan teknis tentang bahan, kritik dan interpretasi sejarah serta penyajian dalam bentuk tulisan. Berdasarkan definisi tersebut, kita dapat memahami metode sejarah sebagai cara yang sistematis untuk menjelaskan sumber-sumber sejarah demi merekonstruksi peristiwa sejarah.

Metode sejarah sebagai cara sejarawan meneliti fakta sejarah berpatokan kepada konsep 5W+1H yang menjadi dasar untuk menjawab peristiwa apa yang terjadi (what), lokasi peristiwa (where), kapan peristiwa tersebut (when), siapa saja tokoh yang terlibat (who), alasan mengapa peristiwa terjadi (why) dan bagaimana peristiwa tersebut memengaruhi peristiwa sejarah lainnya (how).

Penelitian Sejarah

Metode sejarah yang dipakai sejarawan tersebut selanjutnya berguna untuk melakukan penelitian sejarah yang terdiri dari :

  1. Heuristik

Heuristik merupakan langkah pertama dalam penelitian sejarah. Tahapan ini dicirikan dengan pencarian sumber-sumber sejarah yang dirasa sesuai dengan peristiwa yang akan dikaji. Biasanya sumber sejarah yang ditemukan dibagi menjadi sumber primer dan sumber sekunder.

  • Sumber primer merupakan sumber sejarah yang didapatkan secara langsung oleh sejarawan. Sumber primer dapat berbentuk penuturan langsung pelaku sejarah, sumber sejarah yang satu jaman dengan peristiwa seperti naskah, koran, artefak, prasasti, dokumen terkait, catatan harian, hasil wawancara dan sumber lainnya. Sumber primer biasanya lebih diutamakan untuk dicari karena memiliki reliabilitas/ tingkat kepercayaan yang lebih tinggi meskipun lebih sulit ditelusuri keberadaannya. 
  • Sumber sekunder merupakan sumber sejarah yang didapatkan dari hasil cetak ulang/ reproduksi, interpretasi sejarawan atas peristiwa sejarah, laporan penelitian, buku maupun sumber lain yang tidak satu zaman dengan peristiwa sejarah namun memberikan informasi atas peristiwa tersebut.
  1. Kritik/Verifikasi

Kritik/ Verifikasi merupakan langkah kedua dalam penelitian sejarah. Tahapan ini ditandai dengan proses autentikasi/ pembuktian kebenaran maupun keaslian sumber sejarah. Kritik sejarah kemudian dapat dibagi kembali menjadi  kritik eksternal dan kritik internal.

  • Kritik Internal merupakan cara sejarawan untuk memeriksa kebenaran isi sumber sejarah. Pengujian kebenaran ini difokuskan untuk menguji kredibilitas sumber sejarah agar dapat dipercaya dan mengurangi kesalahan interpretasi.
  • Kritik eksternal merupakan cara sejarawan memeriksa keaslian sumber sejarah. Pengujian ini difokuskan untuk menguji fisik sumber sejarah seperti tahun pembuatan dan bahan penyusun sumber sejarah dengan melakukan laangkah seperti uji karbon untuk mengetahui usia sumber sejarah.
  1. Interpretasi

Interpretasi merupakan langkah ketiga dalam penelitian sejarah. Tahapan ini ditandai dengan penafsiran atas sumber-sumber sejarah yang ditemukan sebelumnya. Penafsiran juga berguna untuk merekonstruksi fakta sejarah dengan mencari hubungan antar sumber sejarah. Sifat objektif harus diutamakan oleh sejarawan dalam mendeskripsikan peristiwa sejarah agar kebenaran suatu peristiwa dapat dipertanggungjawabkan dan tidak melenceng dari fakta yang ada.

  1. Historiografi

Historiografi merupakan langkah terakhir dalam penelitian sejarah. Tahapan ini ditandai dengan penyempurnaan penafsiran fakta sejarah. Beragam faktor seperti aspek kebahasaan, kebenaran dan ketepatan istilah dan definisi harus diperhatikan. Hal ini karena dalam historiografi memiliki tujuan agar hasil penelitian sejarah dapat dinikmati masyarakat luas dan dijadikan rujukan dalam memelajari sejarah. Historiografi memiliki beragam jenis seperti historiografi tradisional, kolonial dan nasional yang sudah disinggung dalam artikel sebelumnya.  

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara (1)

21 Juli 2022 10:42
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Komunis Rusia Tahun 1917

21 Juli 2022 08:32
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49