Memahami Struktur Bumi, Batuan, Pergerakan Lempeng Tektonik

Penulis: Ibnu Hayyan
14 Mei 2022 03:42

Bumi sebagai planet yang kita huni memiliki struktur yang menarik untuk dipelajari. Lapisan-lapisan Bumi yang tersusun atas tiga lapisan utama: intibumi, mantel bumi, dan kerak bumi (lithosfer) memiliki karakteristik yang menarik untuk dipahami dan dipelajari.  

Lapisan Bumi

Inti Bumi (Core)

Terletak mulai dari kedalaman 2.883 km sampai ke pusat bumi. Densitasnya berkisar dari 9,5 gr/cc di dekat mantel dan membesar kea rah pusat hingga 14,5 gr/cc. Berdasarkan besarnya densitas ini, inti bumi diperkirakan memiliki campuran dari unsur-unsur yang memiliki densitas besar, yaitu Nikel (Ni) dan besi (Fe). Oleh karena itu, inti bumi juga sering disebut sebagai lapisan Nife.

  • Inti dalam (inner core) : Lapisan ini memiliki kedalaman 5.140-6.371 km. Berfasa padat, berat, dan sangat panas.
  • Inti luar (outer core) : Lapisan ini memiliki kedalaman 2.883-5.140 km. Berfasa cair dan sangat panas.

Mantel (Mantle)

Merupakan lapisan yang menyelubungi inti bumi. Merupakan bagian terbesar dari bumi, 82.3 % dari volume bumi dan 67.8 % dari massa bumi. Ketebalannya 2.883 km.

Kerak Bumi/Litosfer (Crust)

Merupakan lapisan terluar yang tipis, terdiri batuan yang lebih ringan dibandingkan dengan batuan mantel di bawahnya. Ketebalannya tidak merata, perbedaan ketebalan ini menimbulkan perbedaan elevasi antara benua dan samudera. Pada daerah pegunungan ketebalannya > 50 km dan pada beberapa samudera < 5 km. berdasarkan data kegempaan dan komposisi material pembentuknya, para ahli membagi menjadi kerak benua dan kerak samudera.

  • Kerak benua, terdiri dari batuan granitik, ketebalan rata-rata 45 km, berkisar antara 30–50 km. Kaya akan unsur Silikat (Si) dan Aluminium (Al), maka disebut juga sebagai lapisan SiAl.
  • Kerak samudera, terdiri dari batuan basaltik, tebalnya sekitar 7 km. Kaya akan unsur Silikat (Si) dan Magnesium (Ma), maka disebut juga sebagai lapisan SiMa.

Siklus Batuan

Batuan merupakan kumpulan mineral yang telah mengalami pembekuan. Unsur utama peyusun bumi atau bahan baku ialah batu. Siklus batuan bersifat berulang, artinya tercipta sebuah rantai batuan yang menyebabkan batuan akan kembali ke bentuk semula seperti proses awal. Berikut ini adalah siklus batuan :

  • Magma yang mengalami penurunan suhu udara akan membeku dan menjadi batuan beku
  • Batuan yang membeku akan ada yang berada diluar bumi dan mengalami proses pelapukan oleh cuaca dan menjadi sebuah sedimentasi atau endapan
  • Endapan tersebut kemudian akan berkumpul pada dataran yang rendah karena adanya pengangkutan dan berkumpul mengeras dan menyatu bersama partikel pelapukan lainnya menjadi batuan sedimen.
  • Batuan sedimen terus menerus tertekan kebawah karena adanya tekanan dari sedimen yang baru dan semakin kebawah sehingga adanya telanan radiasi panas dari magma dan menjadi batuan metamorf
  • Batuan metamorf terus kebawah dan kembali mencair menjadi magma di dapur magma

Jenis-Jenis Batuan

Batuan Beku

Batuan ini adalah jenis batuan yang terbentuk dari magma yang mendingin dan mengeras, dengan atau tanpa proses kristalisasi, baik di bawah permukaan maupun di atas permukaan. Magma merupakan cairan silikat kental dan pijar yang bersifat mobile dengan suhu berkisar 1500-2500ºC terdapat pada kerak bumi bagian bawah.

Batuan Sedimen

Batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk sebagai hasil dari rombakan batuan lainnya (batuan beku, batuan metamorf, atau batuan sedimen itu sendiri) melalui proses pelapukan (weathering), erosi, pengangkutan (transport), dan pengendapan, yang pada akhirnya mengalami proses litifikasi atau pembatuan. Mekanisme lain yang dapat membentuk batuan sedimen adalah proses penguapan (evaporasi), longsoran, erupsi gunung api.

Batuan Metamorf

Batuan metamorf adalah batuan yang terbentuk oleh proses metamorfisme pada batuan yang telah ada sebelumnya. Batuan asalnya (yang telah ada sebelumnya) dapat berupa batuan beku, sedimen maupun metamorf. Proses metamorfosisme adalah proses yang menyebabkan perubahan komposisi mineral, tekstur dan struktur pada batuan karena panas dan tekanan tinggi, serta larutan kimia yang aktif.

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara (1)

21 Juli 2022 10:42
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Komunis Rusia Tahun 1917

21 Juli 2022 08:32
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49