Memahami Revolusi Industri

Penulis: Muhamad Ikhsan
13 Mei 2022 10:38

Kemajuan industri modern berakar dari perkembangan yang hadir sejak berabad-abad lalu. Kemajuan industri tersebut dinamakan revolusi industri. Revolusi industri merupakan perubahan dalam bidang pertanian, industri dan proses produksi barang dimana terjadi proses mekanisasi atas pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia. Revolusi tersebut tidak hanya sekali, namun terjadi hingga empat kali. Artikel kali ini akan membahas bagaimana perkembangan revolusi industri pertama hingga keempat yang terbaru saat ini.

Revolusi Industri 1.0

Revolusi industri pertama terjadi di akhir abad ke 18 merupakan kelahiran industri. Proses ini ditandai dengan mekanisasi proses produksi menggunakan mesin bertenaga uap. Pertambahan jumlah barang produksi memberikan dampak besar bagi kehidupan masyarakat, mulai dari pertambahan skala usaha yang besar, urbanisasi dan perubahan sosial yang mewarnai dunia.

Revolusi Industri 2.0

Revolusi industri yang terjadi di awal abad ke 20 ini menandai perkembangan industri ke tahapan berikutnya dengan berkembangnya alat industri bertenaga listrik. Tenaga listrik sudah lama dilirik penggunannya karena lebih efisien dalam berproduksi dan membutuhkan biaya perawatan yang lebih rendah. Selain itu terdapat terobosan dalam proses produksi menggunakan sistem spesialisasi kerja di setiap lini produksi untuk mempercepat produksi. proses ini menjadi standar hingga saat ini karena dianggap lebih cepat dan efisien.

Revolusi Industri 3.0

Revolusi ini ditandai dengan perkembangan industri elekronik di akhir abad ke 20 masehi. Penemuan dan pemasaran ragam alat elektronik seperti transistor dan metode produksi dengan robot dengan signifikan mengurangi biaya, menambah kapasitas produksi dan bahkan mulai menggantikan manusia di beberapa sektor produksi. Penggunaan perangkat keras maupun lunak membuat perusahaan dapat melakukan perencanaan dalam proses produksi dan distribusi menjadi lebih tertata dan mengurangi kegagalan proses produksi. Otomatisasi ini secara tidak langsung merangsang pertumbuhan sektor perangkat lunak, baik itu di sektor industri maupun bagi konsumen rumahan. Perusahaan seperti Windows dan Apple lahir dan mewarnai era ini dengan perkembangan perangkat yang pesat. 

Revolusi Industri 4.0

Sistem siber menjadi tulang punggung beragam aktivitas sosial kita. Penggunaan media sosial, aktivitas pekerjaan, pencarian sumber ilmu dan proses produksi tidak akan terlaksana tanpa jaringan internet dan artificial intelligence (AI). AI merupakan kecerdasan buatan yang diciptakan untuk melakukan analisis, deteksi dan memprediksi beragam hal untuk diaplikasikan berdasarkan aktivitas digital manusia. Pada segi industri hal ini dapat mendongkrak produktivitas dengan memprediksi segala kemungkinan yang dapat menghambat kegiatan produksi. Digitalisasi membuat kita berada dalam sebuah jaringan besar yang saling terhubung. Meskipun era ini baru dimulai, sudah selayaknya kita mempersiapkan diri untuk dapat bersaing dan mengambil manfaat sebesar-besarnya dari pesatnya kemajuan teknologi. Hal ini karena teknologi diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia, bukan untuk mempersulit ataupun menggantikan peran manusia dalam kehidupan.

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara (1)

21 Juli 2022 10:42
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Komunis Rusia Tahun 1917

21 Juli 2022 08:32
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49