Memahami Prinsip, Aspek, dan Cabang Ilmu Geografi

Penulis: Ibnu Hayyan
14 Mei 2022 03:31

Dalam mempelajari geografi, pemahaman terhadap prinsip dasar geografi sangat penting bagi kita. Hal ini karena prinsip-prinsip tersebut menjadi dasar ataupun landasan pemahaman terhadap geografi dalam materi-materi pembahasan lain. 

Prinsip Geografi

Prinsip geografi menjadi dasar uraian, pengkajian, pengungkapan gejala dan masalah dalam geografi. Ketika melakukan pendekatan terhadap objek yang dipelajari, maka prinsip geografi harus selalu digunakan. Secara teoritis, prinsip geografi terdiri dari empat prinsip, yaitu prinsip persebaran, prinsip interelasi, prinsip deskripsi, dan prinsip korologi.

Prinsip Persebaran

Prinsip persebaran adalah suatu gejala dan fakta yang tersebar tidak merata di permukaan bumi yang meliputi bentang alam, tumbuhan, hewan, dan manusia. Dengan memperhatikan dan menggambarkan penyebaran fenomena dan fak dalam ruang, penelaahan persoalan yang berkenaan dengan fenomena dan fakta keruangan dapat terarah dengan baik. Dengan menganalisis dan menggambarkan berbagai fenomena pada peta, maka hubungan antargejala dapat terungkap secara menyeluruh dan dapat diramalkan lebih lanjut.

Prinsip Interelasi

Prinsip interelasi adalah suatu hubungan saling terkait antara gejala yang satu dengan gejala yang lainnya. Setelah pola persebaran dan fakta geografi dalam ruang terlihat, hubungan antara faktor fisis dan faktor manusia dapat terungkap. Melalui hubungan tersebut, pengungkapan karakteristik gejala atau fakta geografi tempat atau wilayah tertentu juga dapat dilakukan.

Prinsip Deskripsi

Prinsip deskripsi adalah penjelasan lebih lanjut mengenai gejala-gejala yang diselidiki atau dipelajari. Selain disajikan dalam bentuk tulisan atau kata-kata, deskripsi juga dapat disajikan ataupun dilengkapi dengan diagram, peta, tabel, dan gambar. Pada interelasi antar fenomena tersebut selanjutnya dapat dijelaskan sebab akibat interelasi tersebut.

Prinsip Korologi

Prinsip korologi adalah gejala, fakta, ataupun masalah geografi di suatu tempat yang ditinjau berdasarkan sebaran, interelasi, interaksi, dan integrasi dalam ruang tertentu. Dalam meninjau suatu gejala dengan prinsip korologi, misalnya pertanian, kita harus memperhatikan persebarannya dalam ruang, interelasinya dengan faktor-faktor yang menunjang pertanian, dan interaksi pertanian dengan kehidupan pada ruang tersebut.

Aspek Geografi

Dalam geografi dikenal dua aspek yang menjadi kajiannya, yaitu aspek fisik dan aspek nonfisik (sosial).

Aspek Fisik

Aspek fisik mempelajari landscape (bentangan) alam fisik Bumi. Contoh : Sungai, lembah, dsb. Aspek fisik menjelaskan penyebaran kenampakan alam yang bervariasi serta mencari jawaban tentang pembentukan dan perubahannya

Aspek Sosial

Aspek sosial mempelajari tentang landscape (bentangan lahan) sebagai hasil dari aktivitas manusia (budaya). Contoh : komponen-komponen buatan manusia, kegiatan manusia, dsb. Aspek sosial juga menjelaskan pola-pola kenampakan manusia dan kegiatannya serta meneliti hubungan antara manusia dengan lingkungannya.

Cabang Ilmu Geografi

Untuk semakin memperjelas ruang lingkup geografi, berikut adalah beberapa disiplin ilmu yang sangat erat hubungannya dengan geografi atau dengan kata lain merupakan cabang dari ilmu geografi.

  • Geologi : ilmu yang mempelajari tentang bumi (batuan) mulai dari pembentukannya, struktur, sifat hingga perkembangannya.
  • Geofisika : ilmu yang mengkaji mengenai bagian dalam bumi (menganalisis interior bumi seperti inti bumi, mantel bumi, kulit bumi, hingga kandungan alaminya) dengan menggunakan metode serta teknik fisika, seperti mengukur gelombang seismik, gravitasi, dan medan magnet.
  • Geodesi : ilmu yang mempelajari mengenai pengukuran dan pemetaan bagian dalam bumi (biasanya yang dipetakan batuan), permukaan bumi, serta dasar laut.
  • Pedologi : ilmu yang mempelajari tentang tanah secara keseluruhan mulai dari persebaran, pembentukan, perkembangan, hingga sifatnya.
  • Vulkanologi : ilmu yang mempelajari gunung berapi beserta fenomena yang menyertainya.
  • Meteorologi : ilmu yang mengkaji tentang cuaca seperti suhu, kelembaban udara, angin, dan hujan.
  • Klimatologi : ilmu yang mengkaji tentang iklim.
  • Geomorfologi : ilmu yang mempelajari tentang bentuk-bentuk muka bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk tersebut.
  • Paleontologi : ilmu yang mengkaji tentang fosil-fosil serta bentuk-bentuk kehidupan di masa lampau yang terdapat di bawah lapisan tanah.
  • Hidrografi : ilmu yang mempelajari tentang air dan perairan dengan segala fenomena yang menyertainya.
  • Demografi : ilmu yang mempelajari tentang penduduk segala perilaku dan perrubahannya.
  • Glasiologi : ilmu yang mempelajari tentang es dengan segala sifat dan fenomena yang menyertainya.
  • Astronomi : ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit di luar angkasa.
  • Antropogeografi : ilmu yang mempelajari tentang persebaran bangsa-bangsa di muka bumi dilihat dari sudut pandang geografis.
  • Biogeografi : studi tentang persebaran makhluk hidup di muka bumi dari sudut pandang geografis.

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia

20 Mei 2022 02:54
Materi dan Pembelajaran SMA

Era Aufklarung, Masa Setelah Renaisans

20 Mei 2022 02:32
Materi dan Pembelajaran SMA

Indonesia Masa Awal Kemerdekaan

20 Mei 2022 11:19
Pengetahuan Umum

Aksi Kamisan, Berdiam Diri Melawan Lupa

17 Mei 2022 01:55
Pendidikan Umum

7 Tips Ampuh Mempersiapkan Diri Menuju SBMPTN

15 Mei 2022 09:47