Memahami Liberalisme dan Sosialisme

Penulis: Muhamad Ikhsan
01 Juli 2022 03:49

Ragam Parpol Masa Pemilu 1955 Menandakan Kebebasan Berpolitik. Sumber:detik.com

Liberalisme dan sosialisme merupakan ideologi besar di dunia yang memiliki sejarah panjang di baliknya. Kedua ideologi ini memiliki pengaruh dalam kehidupan masyarakat dunia, salah satunya bagi kemajuan bangsa Indonesia. Artikel ini akan membahas mengenai perkembangan sosialisme dan liberalisme serta pengaruhnya di Indonesia.

Kelahiran Liberalisme

Liberalisme merupakan ideologi yang melindungi kebebasan hidup individu dan persamaan di mata hukum. Kebebasan ini meliputi kebebasan ekonomi, kehidupan sosial, mendapatkan hak-hak lainnya. Gagasan mengenai liberalisme pertama kali dicetuskan di Inggris dalam Piagam Magna Charta tahun 1215. Piagam Magna Charta dikeluarkan Raja John untuk menjamin kebebasan hak individu. Selain itu piagam ini merupakan langkah awal untuk membatasi kekuasaan para raja dan bangsawan di Inggris.

Ilustrasi Raja John Menandatangani Magna Carta. Sumber:bbc.com

Pemikiran mengenai liberalisme selanjutnya dikembangkan oleh John Locke dalam bukunya yaitu Two Treatises of Government yang diterbitkan pada tahun 1690. Buku tersebut membahas bahwa pemerintah harus menjamin hak-hak dasar rakyat. Liberalisme sendiri memiliki hubungan yang erat dengan kapitalisme. Hal ini karena kebebasan yang dijamin oleh negara memungkinkan masyarakat untuk melakukan banyak hal, salah satunya adalah aktivitas ekonomi tanpa campur tangan negara dan mengedepankan sistem mekanisme pasar. Aktivitas ekonomi kemudian berkembang dengan pesat.

Salah satu faktor yang memperlancar aktivitas perekonomian adalah laju modal/kapital. Arus modal yang besar inilah turut mempercepat laju perekonomian di suatu negara. Jadi, bisa dikatakan bahwa liberalisme memiliki andil dalam kapitalisme karena dalam ideologi ini melindungi aktivitas ekonomi sehingga masyarakat bisa mengumpulkan modal yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan.

Liberalisme di Indonesia

Sebelum ideologi liberalisme masuk ke Hindia Belanda, pemerintah Hindia Belanda bersifat netral terhadap semua agama karena menetapkan sekularisme dalam kehidupan masyarakat. Hal ini karena dalam Undang-Undang Dasar Hindia Belanda tahun 1855 pasal 119 menyatakan bahwa pemerintah bersikap netral terhadap agama, artinya tidak memihak salah satu agama atau mencampuri urusan agama.

Liberalisme kemudian diadaptasi ke Hindia Belanda dalam kegiatan perekonomian melalui sistem Politik Pintu Terbuka pada tahun 1870. Sistem Politik Pintu Terbuka merupakan upaya pemerintah Hindia Belanda untuk membuka keran investasi oleh pihak swasta dalam bidang industri, perkebunan, pertambangan, perdagangan dan sektor lainnya. Dalam peraturan tersebut, para investor/pengusaha diberikan hak sewa tanah selama 80 tahun.

Politik Pintu Terbuka dilakukan oleh pemerintah Hindia Belanda hingga tahun 1900. Selain itu untuk menunjang sistem tersebut pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan peraturan lain seperti Undang-Undang Agraria (Agrarische Wet) dan Undang-Undang Gula (Suiker Wet).

Kemunculan Sosialisme

Sosialisme merupakan ideologi yang lahir pada masa Revolusi Industri. Ideologi ini lahir sebagai reaksi dari ideologi liberalisme yang justru menimbulkan penindasan ekonomi dan sosial. Pada masa revolusi industri timbul kelas pemilik modal/borjuis dan kelas buruh/proletar. Kebebasan yang diberikan menguntungkan kelas borjuis dengan menekan kelas proletar.

Dengan dasar tersebut, sosialisme muncul untuk memberikan keadilan sosial dengan cara membatasi kebebasan individu untuk memaksimalkan kesejahteraan bersama. Tokoh yang pertama kali menyatakan sosialisme adalah Thomas More pada abad ke-15 masehi. Dalam buku berjudul Utopia dirinya menyatakan gagasan mengenai negara khayalan. Selanjutnya terdapat pemikir seperti Saint Simon (1760-1825), Robert Owen (1771-1858), dan Louis Blanc (1811-1882) yang mengembangkan gagasan sosialisme.

Selain sosialisme, muncul juga ideologi serupa yang lebih keras memperjuangkan keadilan sosial yaitu komunisme. Gagasan komunisme pertama kali dinyatakan oleh Karl Marx dari Jerman bersama rekannya Friedrich Engels. Dalam bukunya berjudul Communist Manifesto, Marx mengkritik model sosialisme sebelumnya.

Menurut Marx, sejarah merupakan perjuangan antara kelas proletar melawan kelas borjuis dan akan dimenangkan oleh kelas proletar. Kemudian dengan kemenangan kelas proletar tersebut kemudian akan lahir masyarakat tanpa kelas/masyarakat komunisme dengan semua aset berada di tangan negara untuk kemakmuran rakyat.

Sayangnya, tidak ada pembedaan yang jelas di antara kedua ideologi tersebut dan pada akhirnya menyebabkan kebingungan dalam membedakan komunisme dan sosialisme.

Sosialisme di Indonesia

Paham sosialisme mulai masuk ke Hindia Belanda lewat organisasi Indische Sociaal-Democratische Vereeniging (ISDV) atau Persatuan Sosial Demokrat Hindia Belanda pada tahun 1914. Organisasi ini bermula dari masyarakat Belanda berideologi sosialis yang tinggal dan bekerja di Hindia Belanda. Selain itu organisasi ini menaruh simpati kepada kondisi sosial dan politik di Hindia Belanda.

ISDV didirikan oleh Hendricus Josephus Franciscus Marie Sneevliet atau yang lebih dikenal sebagai Henk Sneevliet. Awal kedatangannya ke Hindia Belanda untuk bekerja di surat kabar Soerjabajaasch Handelsblad di Surabaya pada tahun 1913. ISDV berpengaruh dalam memantik semangat dan penyebaran gagasan sosialisme di Hindia Belanda. Sosialisme kemudian menjadi salah satu ideologi perjuangan kemerdekaan dan mewarnai kehidupan politik masyarakat pascakemerdekaan dengan kemunculan Partai Komunis Indonesia (PKI), Partai Sosialis Indonesia (PSI), dan organisasi politik berideologi sosialisme lainnya.

Potret Henk Sneevliet. Sumber: wikimedia.com

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara (1)

21 Juli 2022 10:42
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Komunis Rusia Tahun 1917

21 Juli 2022 08:32
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Sejarah Dunia

Mengenal Ideologi Nasionalisme dan Demokrasi

01 Juli 2022 11:04