Memahami Imigrasi dan Imigran di Australia

Penulis: Muhamad Ikhsan
14 Juni 2022 01:57

Australia merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang dihuni oleh manusia. Masyarakat pertama yang menghuni wilayah tersebut adalah Suku Aborigin, Diperkirakan masyarakat Aborigin telah ada sejak 50.000 tahun lalu. Kehidupan masyarakat Aborigin berkisar pada berburu dan meramu makanan. Sampai sebelum adanya penjelajah samudera dari luar, jumlah masyarakat Aborigin yang terdapat di wilayah tersebut sekitar 300.000 orang berdasarkan data tahun 1788.

Langkah Awal Para Penjelajah

Ilustrasi Kedatangan Bangsa Inggris ke Australia. Sumber: sbs.com.au

Di abad sebelumnya, yakni pada awal abad ke 18 terdapat gejolak besar masyarakat di Eropa. Gejolak tersebut berupa revolusi sosial dimana banyak terdapat pengangguran dan hidup dalam kemiskinan yang parah. Revolusi industri memperparah gejolak tertentu dimana banyak petani yang terpaksa pindah ke kota untuk bekerja.

Tahun 1784 disaat kondisi Britania sudah semakin gawat dan kondisi penjara yang dipenuhi tahanan, Joseph Bank seorang rekan dari James Cook menyarankan sebuah tempat koloni baru bagi Britania. Wilayah New South Wales dipilih karena tempat tersebut pernah dikunjunginya dalam penjelajahan menemukan benua Australia tahun 1770. Alhasil Australia kemudian dipilih sebagai penjara untuk mengurangi kejahatan di Britania.

Australia kemudian dikuasai oleh Britania Raya. Tanggal 26 Januari 1788 merupakan peristiwa dimana wilayah tersebut diklaim sebagai koloni tetap Britania dan sampai sekarang dikenal sebagai “Australia Day”.

Sekitar 160.000 orang hidup di Australia sebagai tahanan sampai tahun 1868 dimana status wilayah ini sebagai tempat tahanan dihapus. Masyarakat bebas juga mulai menghuni Australia untuk merantau dan menggarap lahan disana.

Demam Emas Australia

Para pekerja saat demam emas Australia. sumber: australiangeographic.com.au/

Penemuan emas di wilayah Bathurst tahun 1851 seakan membuka keran imigran untuk mengadu nasib di Australia. Selama 1851 hingga 1861 lebih dari 600.000 orang datang sebagai penggali emas. Mayoritas imigran berasal dari Britania, Irlandia, negara di Eropa, Amerika dan China, Saat itu tercatat populasi Australia mencapai lebih dari empat juta jiwa.

Ketika Austalia menjadi federasi tahun 1901, tata kelola imigrasi berubah. Kebijakan White Australia Policy yang berisi pelarangan migrasi bangsa Asia dalam lima puluh tahun. Kebijakan ini membuat migran Asia tidak dapat menuju Australia.

Perang Dunia 1 dan 2

Para imigran Eropa menuju Australia. sumber: nma.gov.au/

Saat Perang Dunia 1 pecah, imigran yang berasal dari negara-negara seteru dianggap sebagai musuh disana. Imigran asal Jerman, Austro-Hongaria, Bulgaria dan Turki menghadapi banyak pembatasan akses kehidupan berupa ditangkap dalam kamp interniran. Sekitar 7.000 orang menjadi tahanan. Oleh karena imigran dari negara-negara tersebut dilarang untuk masuk ke Australia.

Setelah Perang Dunia 1 usai, pola yang sama terjadi kepada imigran asal negara musuh dalam Perang Dunia 2. Imigran asal Jepang, Jerman, Italia dan Hungaria dikategorikan sebagai musuh negara dan kembali masuk ke kamp interniran. Setelah Perang Dunia 2 usai, dunia kembali harus menjawab tantangan baru yaitu era industrialisasi pascaperang.

Selama tahun 1970-an, jutaan pengungsi dari berbagai negara sampai di Australia. Negara ini pun menganggap pengungsi dengan baik, prinsip multikulturalisme pun diterapkan. Pengembangan citra baru Australia ini dipicu oleh keadaan bahwa kehidupan damai masyarakat dunia harus dimulai di Australia sebagai negara para pendatang.

Saat ini Australia menjadi salah satu negara dengan latar belakang budaya terbanyak di dunia. Lebih dari 200 bahasa dituturkan, ribuan etnis hidup dan masyarakat dari ratusan negara tinggal dan mengadu nasib di Australia. Perkembangan perekonomian Australia ditopang oleh para imigran. Australia juga dengan baik menerima pengungsi dari negara yang mengalami konflik. Setiap tahun terdapat ribuan orang yang mengungsi disana. Hal ini disebabkan karena pemerintah Australia dengan mudah dapat mengeluarkan izin tinggal, kerja bahkan status kewarganegaraan bagi para pendatang.

referensi:

https://www.sea.museum/discover/online-exhibitions/waves-of-migration/australia-immigration-history

https://panique.com.au/trishansoz/australian-people/history-of-immigration-to-australia.html

http://www.migrationheritage.nsw.gov.au/belongings-home/about-belongings/australias-migration-history/index.html

https://www.migrationexpert.com.au/living_in_australia/history_of_immigration

https://www.nationalgeographic.org/thisday/feb12/australian-gold-rush-begins/

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49
Sejarah Dunia

Mengenal Ideologi Nasionalisme dan Demokrasi

01 Juli 2022 11:04
Materi dan Pembelajaran SMA

Kehidupan Sosial dan Politik Masa Pendudukan Jepang

15 Juni 2022 12:51