Kolonisasi Bangsa Spanyol

Penulis: Imam Maulana
12 Mei 2022 03:00

Bangsa Spanyol memiliki sejarah yang panjang terkait kolonisasi dan upaya mereka dalam menjelajah samudera.

Kerajaan Spanyol kemudian merintis penjelajahan besar dan amat panjang sejak 1542 bersamaan dengan ekpedisi yang turut dilakukan bangsa portugis di abad ke-16 dan ke-17.

Kebersamaan kedua bangsa ini dipengaruhi posisi mereka sebagai consquistador Kepausan Katolik Roma dalam mengobarkan reconquista dan membuka rute perdagangan di Timur.

Pelayaran orang-orang Spanyol dirintis oleh Christopher Columbus dalam pelayarannya ke Dunia Baru dan dibulatkan oleh Magellans di Filipina sebagai bentuk keberhasilan orang-orang Spanyol menemukan rute ke Timur, mendirikan pemerintahan koloni, dan menyelesaikan misi mengitari bumi.

Spanyol kemudian mendirikan kantor dagang di beberapa wilayah koloni Amerika dan Kepulauan Filipina. Mereka kerap terlibat pertentangan dengan penduduk dan kerajaan lokal, bahkan peperangan yang berujung pada pembantaian Spanyol terhadap orang Indian Amerika dan pribumi Filipina.

Pandangan mereka yang radikal terhadap agama menyelimuti perspektif mereka terkait kemanusiaan, sehingga tindakan eksploratif dan rasisme dianggap wajar dan bahkan dibenarkan dalam pandangan Kristen mereka yang radikal.

Tindakan eksploratif dilakukan orang Spanyol terhadap bangsa Aztec dan Inca untuk menambang emas dan perak-perak mereka, serta menciptakan segregasi keras dalam lapisan sosial orang Filipina yang lagi-lagi dibentuk dan dikendalikan oleh institusi politik-agama.

Konsep Conquistador berkaitan dengan penggabungan aspek politik dan agama.

Istilah conquistador sendiri berasal dari bahasa Spanyol: conqueror yang berarti penakluk. Julukan ini melekat bagi penjelajah dan tentara Kerajaan Spanyol dan Portugis di abad ke-15 dan-16, dimana conquistador atau penakluk ini memikul tujuan besar sebagai penjelajah yang menaklukan lautan untuk membuka rute perdagangan, menguasai tanah-tanah non-kristiani, mendirikan pemerintahan, dan menyebarkan ajaran Katolik.

Gagasan inilah yang menciptakan pemerintahan koloni yang turut didukung institusi Gereja. Perwujudan ini kemudian terlihat sekali dalam upaya Gereja dan pemerintah kolinial memaksakan konversi dan transformasi agama Katolik sebagai agama baru penduduk lokal dan merampas kekayaan penduduk dengan dalih kepentingan gereja. Kekayaan ini berupa tanah, harta, dan sistem perbudakan yang diterapkan terhadap penduduk lokal.

Kolonisasi bangsa Spanyol ini mengakibatkan inkulturasi yang awalnya merujuk pada adaptasi ajaran-ajaran Katolik terhadap penduduk non-Kristiani. Namun ini berkembang menjadi pembudayaan secara umum, dimana budaya dan kebiasaan orang Spanyol membekas dan menjadi bagian dari budaya penduduk lokal itu sendiri.

Beberapa bentuk inkulturasi ini diantaranya:

  • Membawa macam jenis penyakit Eropa ke Amerika, penyakit-penyakit seperti sampar, malaria, dan influenza menyebar ke Amerika serta menyebabkan kematian besar pada periode-periode awal kolonialisme spanyol
  • Penyebaran jenis tanaman baru seperti kenatang, jagung, dan tomat
  • Transformasi sosial melalui mestizo budaya, dimana terdapat percampuran budaya Spanyol dan lokal. Hanya saja mestizo ini memilki sifat fomarlisme, dimana percampuran budaya terjadi karena anggapan budaya spanyol tampak lebih baik dan formal, yang justru menciptakan segregasi dan kelas-kelas sosial di masyarakat.
  • Konversi agama Katolik sebagai agama utama yang kerap dipaksakan.

Dari pembahasan yang kita ketahui sejak awal video, memang terlihat bagaimana karakteristik kolonisasi Spanyol terbentuk oleh gagasan yang tegas dan kuat. Sangat berkaitan dengan pandangan agama dan politik mereka yang dipengaruhi oleh sentimentasi yang kuat dalam sejarah perang panjang di Eropa.

Dampak dari kolonisasi ini akan terlihat ratisan tahun kemudian setelah abad ke-15, hingga kini di abad ke-21 dapat dilihat bagaimana pengaruh budaya dan agama sangat melekat pada negara-negara bekas jajahan Spanyol, seperti negara Amerika Latin dan Filipina.

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara (1)

21 Juli 2022 10:42
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Komunis Rusia Tahun 1917

21 Juli 2022 08:32
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49