Christoper Colombus Merintis Penjelajahan Spanyol

Penulis: Imam Maulana
12 Mei 2022 03:19

Penjelajahan Spanyol mengarungi samudera dipelopori oleh Christoper Colombus. Columbus sendiri bukan pelaut Spanyol, melainkan pelaut berkebangsaan Italia. Dia menjadi terobsesi dengan kemungkinan merintis rute laut barat ke Cathay (Cina), India, dan pulau emas dan rempah-rempah di Asia. Pada saat itu, orang Eropa tidak tahu rute laut langsung ke Asia selatan, dan rute melalui Mesir dan Laut Merah ditutup untuk orang Eropa oleh Kekaisaran Ottoman, seperti juga banyak rute darat.

Berlawanan dengan legenda populer, orang Eropa terpelajar pada zaman Columbus memang percaya bahwa dunia itu bulat, seperti yang dikemukakan oleh St. Isidore pada abad ketujuh. Namun, Columbus, dan sebagian besar lainnya, meremehkan ukuran dunia, menghitung bahwa Timur Asia kira-kira terletak dimana Amerika Utara sekarang berada (mereka belum tahu bahwa Samudera Pasifik itu ada).

Columbus melakukan pendekatan dan meminta pendanaan untuk pelayaran menujut Timur, namun ditolak oleh Raja Portugal, Perancis, dan Inggirs hingga kemudian mendapat dukungan pendanaan dari penguasa Spanyol saat itu, Raja Ferdinand dan Ratu Isabella untuk mencari rute ke barat. Columbus juga mendapatkan pendanaan tambahan dari Raja Katolik Aragon, Raja Kastilia, dan Bangsawan Ponce de León dari Spanyol.

Konteks perjalanan ke Barat bukan mengindikasikan Spanyol dengan sengaja ingin mencapai Benua Amerika, tetapi karena rute pelayaran yang disepakati dengan Portugis yang mengharuskan Spanyol mengambil rute dari Barat untuk sampai ke Timur Jauh. Columbus sendiri menjanjikan harapan bahwa pelayarannya akan sukses mencapai India, Cina, Jepang, dan Kepulauan rempah-rempah dengan kembali membawa emas dan rempah-rempah yang bernilai sangat tinggi di Eropa.

Pendanaan dari Spanyol membuat Columbus dapat membentuk armadanya yang terdiri dari 3 kapal, La nina, La pinta, dan Santa Maria, melalui Utara Samudera Atlantik, Kolumbus menuju India, Cina, Jepang, dan Maluku. Yang kemudian justru mengantarkannya menemukan Dunia Baru (Amerika).

Setelah 3 bulan pelayaran yang sulit, Armada Colombus pertama kali mendarat di Bahama, pulau di sekitar di Laut Karabia, yang Columbus kira ia telah sampai di India, dari Bahama mereka tiba di Jepang, yang sebetulnya adalah Kuba. Columbus begitu keliru mengidentikasi penduduk lokal dengan sebutan Indian karena mengira telah sampai di India.

Columbus putar haluan, kembali menuju Spanyol pada Maret 1493 dengan membawa banyak peti emas dan perak, meskipun gagal mendapatkan rempah-rempah.

Kerajaan Spanyol terkesima dengan banyaknya emas dan permata yang dibawa, Columbus kemudian menerima penghargaan sebesar 345 ribu keping koin emas dan diangkat menjadi Laksamana Laut Spanyol, serta Guburnur Hindia Barat.

Columbus kembali melakukan ekspedisi lanjutan untuk menelusuri bagian Selatan Amerika dan sampai di Hispaniola. Di sana Colombus terlibat dalam pertikaian dan menyebabkan pembantaian terhadap orang Hispaniola. Dan, seperti banyak penjelajah Eropa setelahnya, Columbus menggunakan kekerasan dan perbudakan; konversi paksa penduduk asli ke agama Katolik; dan memulai era di mana perdagangan budak internasional mulai tumbuh. Columbus dan anak buahnya memperbudak banyak penduduk asli untuk menambang logam mulia dan menjadikan mereka pekerja tidak dibayar di perkebunan tebu di Afrika.

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia

20 Mei 2022 02:54
Materi dan Pembelajaran SMA

Era Aufklarung, Masa Setelah Renaisans

20 Mei 2022 02:32
Materi dan Pembelajaran SMA

Indonesia Masa Awal Kemerdekaan

20 Mei 2022 11:19
Pengetahuan Umum

Aksi Kamisan, Berdiam Diri Melawan Lupa

17 Mei 2022 01:55
Pendidikan Umum

7 Tips Ampuh Mempersiapkan Diri Menuju SBMPTN

15 Mei 2022 09:47