Bingung Dengan Pilihan Jurusan SBMPTN, Simak Dulu Artikel Ini!

Penulis: Muhamad Ikhsan
15 Mei 2022 09:41

Melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA maupun SMK merupakan impian bagi semua orang. Impian tersebut hendaknya diperhatikan dengan baik bagi para calon mahasiswa. Memilih kampus ibarat memilih jodoh pilihan hidup di masa depan, hal ini karena pendidikan di kampus tersebut yang menentukan fase kehidupan kita selanjutnya. Berikut ini kami menghimpun 5 tips mengapa kamu harus memilih teman hidup universitas yang tepat.

Pastikan Jurusan Kuliah Sesuai dengan Minat dan Bakat

Mengetahui minat, bakat dan passion adalah babak awal sebelum memilih kampus idaman. Pemilihan hal tersebut penting karena pilihan jurusan kuliah yang tepat sedikit banyak dapat menentukan universitas yang tepat. Misalnya kamu memiliki minat dalam bidang seni dan sastra, otomatis kampus yang tidak memiliki program studi tersebut akan gugur dari daftar universitas pilihan.

Mengecek Peringkat Kampus

Kualitas pengajaran di universitas tercermin dalam peringkat universitas di lembaga pemeringkat kualitas seperti Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk kualitas universitas di Indonesia serta QS World University Ranking untuk kualitas universitas dalam ranah internasional. Berbekal informasi tersebut kamu dapat dengan bijak menentukan kampus mana yang sesuai dengan pilihanmu.

Fasilitas Kampus

Fasilitas yang lengkap dan mendukung tentu saja dapat memaksimalkan potensi kamu selama belajar di masa perkuliahan. Oleh karena itu penting untuk melihat bagaimana kualitas sarana dan prasarana kampus impian kamu. Carilah informasi melalui internet, media sosial atau bahkan langsung melihat keadaan fasilitas kampus untuk memantapkan pilihanmu berkuliah di kampus tersebut.

Ketahuilah Lokasi Kampus

Saat memilih universitas tempat berkuliah, mengetahui lokasi kampus tersebut berada ternyata adalah hal yang penting. Ketika kamu mengetahuinya, kamu dapat mendiskusikannya kepada orangtua mengenai bagaimana kehidupan kamu nantinya selama berkuliah. Pilihan seperti pergi pulang antara kampus dan rumah atau menyewa kamar kos-kosan ditentukan berdasarkan jarak dan keterjangkauan antara lokasi rumah dengan kampus.

Belajar untuk Menggapai Kampus Impian

Satu hal lagi yang wajib untuk dilakukan adalah belajar untuk menggapai kampus impian. Tanpa belajar, apapun impian dan pilihan kampus yang kamu tuju hanya akan menjadi cerita apabila kamu kurang mempersiapkan diri dalam ujian masuk kampus seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) maupun jalur masuk universitas lain.

Dengan tips tersebut kamu bisa mempertimbangkan dengan baik pilihan kampus yang akan kamu tuju di kemudian hari. Kehidupan perkuliahan memiliki arti penting dalam fase kehidupan karena membantu kamu mengembangkan diri dalam mengasah profesionalitas demi karier di masa depan. Jadi, tetap semangat dalam menentukan cita-citamu.

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49
Sejarah Dunia

Mengenal Ideologi Nasionalisme dan Demokrasi

01 Juli 2022 11:04
Materi dan Pembelajaran SMA

Kehidupan Sosial dan Politik Masa Pendudukan Jepang

15 Juni 2022 12:51