Bagaimana Menggunakan Kamus dengan Efektif?

Penulis: Muhamad Ikhsan
13 Mei 2022 09:57

Sebagian dari kita pasti pernah menggunakan atau setidaknya melihat kamus. Menurut KBBI, kamus merupakan buku yang memuat kumpulan istilah atau nama yang disusun menurut abjad beserta penjelasan tentang makna dan pemakaiannya. Pernahkah kamu menggunakan kamus ketika penasaran mencari arti suatu kata atau istilah yang baru didapatkan dari bacaan? Jika iya, maka kamu harus memerhatikan tips dan trik menggunakan kamus secara efektif dan cepat berikut ini.

Memilih Kamus yang Baik

Sebelum membuka kamus, sebaiknya kita perhatikan penerbit dan jenis kamus yang akan dibaca. Kamus yang berkualitas baik biasanya diterbitkan oleh penerbit ternama dan judul yang tidak bombastis seperti Kamus 1 Milyar ataupun Kamus Super Lengkap yang berlebihan. Jenis kamus bergantung pada tujuan kita membelinya, misalnya jika kita hanya membutuhkan terjemahan singkat dari sebuah kata maka kamus dua bahasa (misalnya bahasa Inggris ke Indonesia) berukuran kecil cocok untuk kebutuhan tersebut. Namun jika kamus tersebut digunakan untuk memperdalam pemahaman akan suatu kata, disarankan membeli kamus satu bahasa ( misalnya bahasa Inggris ke Inggris) seperti kamus Oxford Advanced Learner's Dictionary dan Penguin Dictionary of English Grammar.

Memilih Saat yang Tepat

Beberapa orang mungkin bingung dan penasaran untuk mencari arti kata yang baru didapatkan dari bacaan, video, maupun podcast yang baru dinikmati. Sesekali memang tidak masalah, namun jika dibiarkan maka kita sendiri yang akan disulitkan dengan hal ini. Berusahalah untuk memahami arti sebuah kata berdasarkan konteks kalimat yang tersaji di dalamnya. Hal ini akan mengasah logika bahasa dan ketepatan dalam memahami teks. Penggunaan kamus dibolehkan ketika kita masih kesulitan dalam menebak arti kata tersebut.

Baca Petunjuk Penggunaan Kamus

Setiap kamus memiliki bagian petunjuk yang berguna untuk memudahkan mencari kata sesuai urutan dengan cepat. Bagian petunjuk biasanya berisi daftar isi, simbol-simbol yang digunakan dalam tulisan dan thesaurus yang memudahkan dalam mencari sinonim dari kata yang dicari. Tanpa membaca bagian petunjuk dengan baik bisa saja kita malah tidak menemukan kata yang dicari.

Mencari Kata dengan Cepat

Dalam mencari kata di kamus, perhatikan huruf awalan dari kata tersebut. Semisal kita ingin mencari arti kata knot maka kita harus langsung menuju bagian kamus yang memiliki awalan huruf K. Selain itu, perhatikan juga huruf kedua dari kata, dengan memperhatikan hal tersebut akan semakin mempercepat pencarian kata. Sebelum menemukan kata knot, kita akan menemukan deretan kata seperti knit dan lainnya yang menandakan kata yang dicari sudah semakin dekat.

Memperhatikan Ejaan Kata yang Dicari

Mengetahui ejaan suatu kata sangat penting kaitannya dengan mencari arti kata tersebut di kamus. Kata yang dicari akan sulit ditemukan dengan sekadar menebak bagaimana susunan huruf tersebut berdasarkan bunyi yang diucapkan. Cobalah membayangkan kata yang memiliki makna serupa sebagai petunjuk. Mengetahui huruf awal suatu kata akan sangat membantu karena kita mulai bisa mencari kata tersebut di kamus berdasarkan awalan tersebut.

Mencari Padanan Kata yang Sesuai

Ketika kita membuka kamus dua bahasa, kemungkinan besar kita akan menemukan padanan kata yang bisa menjelaskan arti dari kata dalam bahasa inggris yang kita cari. Terkadang kamus dua bahasa memberikan terjemahan yang kurang mendalam dan memuaskan. Kita juga dapat menggunakan kamus satu bahasa yang bisa menjelaskan arti suatu kata secara komprehensif. Setelah mengetahui arti dengan baik, kita bisa menggunakan definisi yang sesuai dengan konteks kalimat yang dibaca/ ditulis.

 

http://esl.fis.edu/learners/advice/dic.htm

http://oldtownschoolofenglish.com/4-top-tips-to-use-your-dictionary-effectively/

http://pdf.truni.sk/e-ucebnice/eap/data/b17119f1-8ca8-470d-a20e-9672a8d13f07.html?ownapi=1

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia

20 Mei 2022 02:54
Materi dan Pembelajaran SMA

Era Aufklarung, Masa Setelah Renaisans

20 Mei 2022 02:32
Materi dan Pembelajaran SMA

Indonesia Masa Awal Kemerdekaan

20 Mei 2022 11:19
Pengetahuan Umum

Aksi Kamisan, Berdiam Diri Melawan Lupa

17 Mei 2022 01:55
Pendidikan Umum

7 Tips Ampuh Mempersiapkan Diri Menuju SBMPTN

15 Mei 2022 09:47