Bagaimana Membuat Ringkasan Yang Baik?

Penulis: Muhamad Ikhsan
13 Mei 2022 09:53

Tidak semua orang senang membaca buku, jurnal, ar dan bacaan lain. Selain faktor dari dalam diri yang menghalangi seseorang membaca, terdapat faktor-faktor luar seperti waktu yang terbatas, rutinitas yang menyibukkan dan untuk kebutuhan ujian. Oleh karena itu membuat ringkasan menjadi solusi mendapatkan informasi yang ringkas, padat dan jelas. Menulis ringkasan memiliki banyak manfaat. Menulis membuat kita lebih memahami konten bacaan, melatih kemampuan berpikir kritis dan memperbaiki kualitas tulisan. Bagaimanakah kiat menulis ringkasan yang baik?

Kriteria Ringkasan yang Baik

Penulisan ringkasan yang baik memudahkan pembacanya mendapatkan intisari dan poin-poin penting dalam bacaan. Ringkasan yang baik harus memiliki kriteria-kriteria seperti

  • Ditulis dengan kata-kata sendiri. Cara ini memudahkan kita menyerap isi tulisan karena hal ini mencerminkan pemahaman dan penyampaian kembali tulisan dengan lebih singkat. Perlu diingat bahwa ringkasan bukanlah potongan tulisan penulis melainkan penulisan kembali bacaan sesuai gaya bahasa yang dimiliki dengan tetap berpatokan kepada intisari bacaan.
  • Isi harus sesuai dengan bacaan. Jangan tambahkan opini pribadi dalam tulisan.
  • Ringkasan harus tetap ringkas. Tulislah poin-poin utama bacaan yang bisa menjelaskan isi bacaan lebih singkat daripada sumbernya.

Mulailah Membaca

Membaca adalah hal yang tidak boleh dilewatkan dalam membuat ringkasan. Bacalah tulisan dengan seksama di setiap bagiannya sampai habis beberapa kali. Pada usaha membaca pertama, janganlah mulai membuat ringkasan, biarkan kita memahami gaya bahasa, pesan-pesan yang disampaikan penulis dan alur bacaan.  Pada bacaan kedua dan selanjutnya, mulailah identifikasi hal seperti bagaimana ide utama dari topik bacaan disusun dan poin penting yang harus dimasukkan dalam ringkasan.

Mulailah Menulis Kerangka Ringkasan

Menulis kerangka ringkasan sangat berguna sebagai patokan dalam membuat ringkasan yang baik. Penulisan kerangka tersebut harus mencakup setidaknya dua hal seperti identifikasi ide/ gagasan utama bacaan dan poin-poin penting yang harus ditulis dalam ringkasan.

Mengidentifikasi ide utama memiliki tujuan untuk memahami bentuk bacaan tersebut, misalnya apakah bacaan tersebut berbentuk kajian literature, sastra, opini atau buku pelajaran sekolah dan perkuliahan. Hal ini penting karena memengaruhi gaya penyampaian informasi dalam bacaan tersebut. Kemudian mulailah menulis ide utama bacaan menggunakan kata-kata dan pemahaman yang kita miliki.

Setelah ide utama selesai ditulis, kita bisa beranjak pada penulisan poin penting dalam bacaan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membaca kembali bacaan yang akan kita ringkas. Perhatikan secara mendalam bagaimana poin-poin penting pendukung tersebut ditulis. Buatlah anotasi/ catatan singkat pada setiap bagiannya menggunakan kata-kata sendiri dan garisbawahi poin-poin yang terdapat dalam bacaan. Selanjutnya baca kembali ringkasan yang sudah dibuat, perhatikan kemungkinan kesalahan ejaan, penulisan ide dan ketidaksesuaian dengan sumber ringkasan. Jika terdapat kesalahan, revisi ringkasan tersebut dengan baik.

Sempurnakan Kerangka Ringkasan

Setelah menyelesaikan kerangka ringkasan, tulislah bagian-bagian lainnya agar ringkasan dapat dibaca dengan mudah. Kita dapat memulai menyempurnakan ringkasan tersebut dengan menuliskan kalimat pembuka. Kalimat ini dapat berisi seperti definisi singkat suatu hal menurut pandangan penulis asli.

Langkah selanjutnya susunlah kalimat yang bisa menyambungkan masing-masing poin dalam kerangka ringkasan untuk memudahkan kita mencari benang merah antara setiap poin yang dituliskan. Tanpa proses ini, ringkasan akan terkesan tidak beraturan dan menyulitkan kita memahami isi suatu bacaan. Buanglah bagian yang sekiranya kurang relevan terhadap bacaan untuk memperjelas isi ringkasan.

Masukkan juga kutipan-kutipan yang dituliskan penulis asal. Kutipan ini bertujuan sebagai penekanan terhadap poin yang tidak boleh diinterpretasikan secara bebas untuk menghindari sesat pikir dan kesalahan penyampaian. Selanjutnya buatlah kalimat penutup yang menegaskan kembali kesimpulan bacaan secara singkat dan jelas.

Langkah terakhir adalah baca kembali ringkasan yang sudah dibuat. Perhatikan aspek kebahasaaan seperti ejaan, efektivitas kalimat dan kesesuaian antar ide yang disampaikan. Mintalah saran kepada teman, guru atau pihak yang bisa memberikan masukan atas ringkasan yang sudah dibuat.

Sumber: 

https://www.waystostudy.com/2017/07/24/how-to-make-a-summary/

https://owlcation.com/academia/How-to-Write-a-Summary

https://www.enotes.com/topics/how-write-summary

http://www.hunter.cuny.edu/rwc/handouts/the-writing-process-1/invention/Guidelines-for-Writing-a-Summary  

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia

20 Mei 2022 02:54
Materi dan Pembelajaran SMA

Era Aufklarung, Masa Setelah Renaisans

20 Mei 2022 02:32
Materi dan Pembelajaran SMA

Indonesia Masa Awal Kemerdekaan

20 Mei 2022 11:19
Pengetahuan Umum

Aksi Kamisan, Berdiam Diri Melawan Lupa

17 Mei 2022 01:55
Pendidikan Umum

7 Tips Ampuh Mempersiapkan Diri Menuju SBMPTN

15 Mei 2022 09:47