Bagaimana Memaksimalkan Potensi Yang Kita Miliki?

Penulis: Muhamad Ikhsan
13 Mei 2022 09:02

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang, yang membedakan hanyalah usaha yang dilakukan mereka untuk memaksimalkan potensi tersebut. Steve Jobs, Mark Zuckerberg dan kita hidup di dunia yang sama, 24 jam yang sama dan di planet yang sama. Lantas apakah yang membedakan kita dengan kedua tokoh besar dunia tersebut?

Jauh dalam pikiran kita, tentunya mudah saja untuk berniat melakukan usaha secara total setiap hari. Niat tersebut tidak selalu mudah dilakukan, ada saja halangan yang menghantui diri kita agar tidak mengerjakan semuanya secara maksimal. Rasa malas, menunda-nunda dan godaan hanyalah sedikit dari hambatan tersebut.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan potensi dan usaha yang kita miliki?

Niat Yang Kuat

Semua orang sukses tidak mendapatkan kesuksesannya begitu saja. Mereka memiliki tujuan jelas yang dilandasi oleh niat yang kuat. Niat tersebut dapat diingat dalam hati, dilafalkan dengan suara maupun dituliskan dalam kertas. Salah satu cara terbaik menguatkan niat adalah dengan menuliskan tujuan kita dan memajangnya. Hal ini bertujuan agar kita senantiasa memiliki tujuan dan menegaskan tujuan tersebut kepada semua orang.

Penggambaran yang Jelas

Semua orang pasti punya tujuan dalam kehidupan mereka, tapi tidak semua orang bisa menggambarkan dengan jelas bagaimana tujuan mereka dapat tercapai. Penggambaran ataupun visualisasi penting dalam memaksimalkan potensi seseorang sebab penggambaran tersebut membantu dalam melakukan rencana yang sifatnya operasional. Realistis bukanlah tidak mengharapkan apa-apa namun sebaliknya realistis berarti memahami langkah nyata yang harus ditapaki agar perjuangan kita bisa selalu maksimal.

Mulailah Produktif

Kebanyakan orang kurang bisa memprioritaskan hal apa yang harus didahulukan untuk dikerjakan. Membuat skala prioritas sangat berguna untuk mengidentifikasi perbuatan apa saja yang harus segera dikerjakan dan bisa menunggu di kesempatan berikutnya. Jangan merasa sibuk dan tidak sempat membuat prioritas tersebut, bisa jadi kegiatan yang kita anggap penting ternyata samasakali tidak berguna untuk diri kita.

Taruh deadline pada setiap aktivitas. Deadline berguna agar kita selalu termotivasi melakukan sesuatunya sekaligus mengingatkan berapa lama waktu tersisa untuk melakukan tugas tersebut. Merasa terbatasi secara waktu dapat membuat kita lebih mengusahakan diri untuk selalu menepati deadline daripada tidak memilikinya samasekali.

Konsistensi   

Terdapat kata bijak yang menyatakan jika konsistensi menentukan eksistensi. Hal tersebut benar karena semua yang besar tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Setiap kemajuan dimulai dari langkah yang konsisten. Jika merasa bosan, kita bisa membaca maupun menonton kisah tokoh besar dunia yang mengawali kesuksesannya dengan konsistensi yang dibangun sejak dulu. Kegiatan ini dapat menyuntik kembali semangat untuk selalu konsisten dalam jalur yang jelas. 

Setiap kebesaran dimulai dari langkah kecil. Setiap harinya akan memperdekat kita dengan kesuksesan yang kita tuju. Jagalah diri agar selalu melakukan semua dengan maksimal, bukan dengan standar minimal. Usaha maksimal tentu akan membuahkan hasil maksimal. Jadi, tetap semangat dan berjuang

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara (1)

21 Juli 2022 10:42
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Komunis Rusia Tahun 1917

21 Juli 2022 08:32
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49