Bagaimana Ingatan Kita Bekerja?

Penulis: Muhamad Ikhsan
14 Juni 2022 02:34

Kita mungkin berpikir bahwa ingatan bekerja seperti lemari arsip yang mudah diakses sewaktu-waktu. Ingatan tercipta, ditulis dan dipanggil kembali ketika dibutuhkan. Namun berdasarkan penelitian medis, rangkaian dasar ingatan jauh lebih kompleks daripada itu. Neurosains, ilmu yang memelajari syaraf manusia merupakan bidang utama yang memelajari bagaimana otak bekerja, salah satunya bagaimana otak memproses informasi dan mengingatnya kembali.

Ingatan ternyata bekerja seperti jaringan internet yang kita pakai. Kecepatan jaringan internet / kecepatan kita memahami dan mengingat informasi sangat ditentukan jumlah informasi dan kekuatan jaringan yang dimiliki.

Neuron / sel saraf otak merupakan jaringan yang saling berhubungan satu sama lainnya untuk memproses informasi. Ketika informasi masuk ke otak, terjadi reaksi kimia yang menghubungkan masing-masing neuron. Jumlah neuron sangatlah banyak, sekitar 4 milyar sel yang saling terhubung. Semakin kuat neuron seseorang, semakin cepat informasi diproses dan disimpan menjadi memori.

Hubungan antar sel saraf otak terjadi ketika sel tersebut mengeluarkan reaksi kimia yang diproses secara berantai akibat terhubungnya masing-masing sel saraf otak saat kita berpikir.

Proses Mengingat Informasi

Mengingat bukanlah perkara sederhana dimana terjadi proses masuknya informasi / decoding, penyimpanan ingatan / storage dan pemanggilan kembali / retrieval. Masing-masing proses menarik untuk disimak secara lebih dalam.

Masuknya Informasi/ Encoding

Proses mengingat diawali dengan input informasi di otak kita. Ketika dihadapkan dengan pengalaman tertentu, otak kita mengubah suatu pengalaman tersebut menjadi beberapa format agar lebih mudah disimpan melalui masing-masing indra dalam tubuh.

  • Informasi Suara : Otak memproses informasi melalui mendengar dan mengulangi nama suatu benda/ peristiwa yang disimpan dan bisa dimunculkan nanti
  • Informasi Elaboratif : Ingatan terhadap suatu hal dapat muncul melalui keterkaitannya dengan hal lainnya. Misalnya kita dapat mengingat suatu benda dengan menyebutkan petunjuk melalui bentuk, warna, informasi dari orang lain dan petunjuk lain yang bisa menguatkan ingatan.
  • Informasi Semantik : Secara semantik kita dapat mengingat sesuatu hal dengan suasana maupun latar tempat peristiwa tersebut dilakukan. Misalnya kita terkadang teringat suatu kenangan di masa lalu ketika mengunjungi suatu tempat.
  • Informasi Visual : Otak kita memproses kenampakan suatu benda/ seseorang dalam pikiran. Informasi visual tersebut kemudian disimpan dan nantinya bisa diingat kembali ketika kita hanya mengingat bentuk suatu benda ataupun rupa fisik orang yang dijumpai di masa lalu.

Semua cara tersebut kemudian dipadukan dalam otak menjadi ingatan yang utuh menggambarkan situasi maupun ciri seseorang dan sebuah benda ketika kita menuturkannya kembali kepada orang lain maupun ketika kita mencoba mengingatnya kembali.

Penyimpanan Ingatan

Setelah suatu peristiwa dimasukkan menjadi bagian-bagian memori, semuanya akan disimpan dalam kepala. Penyimpanan dalam otak ternyata terbagi dua menjadi memori jangka pendek dan memori jangka panjang.

Memori Jangka Pendek

Seperti namanya, ingatan ini mudah untuk hilang dan bertahan dalam waktu yang sebentar. Tidak hanya durasi ingatan yang sebentar namun juga kapasitasnya yang hanya menyimpan sedikit ingatan dalam waktu tertentu. Memori jangka pendek disimpan dalam prefrontal cortex atau bagian depan kepala. Berdasarkan teori George Miller tahun 1956, manusia diperkirakan hanya bisa mengingat tujuh informasi sekaligus dalam memori jangka pendek. Namun jumlah tersebut bergantung kepada setiap orang, informasi yang didapatkan, aktivitas orang tersebut dan situasi ingatan terjadi.

Memori Jangka Panjang

Memori jangka panjang akan selalu menempel dalam hidup kita. Oleh karena itu agar sesuatu dapat diingat menjadi memori jangka panjang, perlu dilakukan pengulangan berkala, interaksi yang terus menerus dan menggunakan kata kunci yang mudah diingat. Contohnya ketika kita pertama kali bertemu seseorang, mungkin kita akan lupa siapa nama orang tersebut. Lama kelamaan seiring dengan bertambahnya frekuensi pertemuan dengan orang tersebut kita akan mengingat sifat mereka, cara berpakaian, hal yang disukai dan seluk beluk kehidupan orang tersebut.

Pemanggilan Kembali Informasi

Hal ini terjadi ketika kita mencoba mengingat kembali ingatan yang sudah berlalu sebelumnya. Proses ini terbagi menjadi dua cara yaitu recall / pemanggilan kembali dan recognition / pengenalan informasi.

Proses Recall terjadi ketika kita mencoba mengakses kembali informasi dalam otak tanpa melibatkan petunjuk-petunjuk fisik yang dapat dikenali panca indra. Aktivitas ini dilakukan ketika kita mengisi jawaban ujian yang membutuhkan pemahaman terhadap suatu definisi ataupun teori.

Proses Recognition terjadi ketika kita mencoba melibatkan petunjuk yang bersifat fisik. Biasanya proses ini terjadi ketika kita mencoba mendeskripsikan ulang suatu kejadian maupun keadaan di masa lalu yang membutuhkan penjelasan secara visual dan spasial seperti saat menceritakan sesuatu kepada orang lain secara mendetail.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga kesehatan otak sangat penting bagi hidup kita. Tentunya kita tidak ingin terkena penyakit Alzheimer/ pikun dan gangguan otak lain. Menjaga kesehatan otak dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, banyak berolahraga dan melakukan aktivitas yang menggunakan daya pikiran. Hal ini karena semakin sel saraf otak bersifat elastis, semakin sering dilatih maka daya tahan sel otak kita akan semakin baik dan secara otomatis menghindarkan diri dari penyakit-penyakit tersebut.

referensi:

https://www.quickanddirtytips.com/health-fitness/mens-health/how-memory-works-and-6-tips-to-improve-it?page=1

https://science.howstuffworks.com/life/inside-the-mind/human-brain/human-memory.htm

https://www.sciencedaily.com/releases/2016/05/160517131928.htm

https://careersinpsychology.org/memory-works/

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49
Sejarah Dunia

Mengenal Ideologi Nasionalisme dan Demokrasi

01 Juli 2022 11:04
Materi dan Pembelajaran SMA

Kehidupan Sosial dan Politik Masa Pendudukan Jepang

15 Juni 2022 12:51