Bagaimana Cara Memperluas Kosakata?

Penulis: Muhamad Ikhsan
13 Mei 2022 10:13

Memahami arti kata merupakan langkah pertama dalam menguasai bahasa asing. Pemahaman menjadi jembatan yang memperluas kesempatan kita mendapatkan informasi baru, menjalin komunikasi dengan masyarakat internasional, menambah peluang pendidikan dan karier di masa depan. Namun terkadang terdapat halangan yang ada dari dalam diri maupun dari luar. Artikel ini akan membahas bagaimana tips dan trik yang bisa kita gunakan untuk memperluas kosa kata sebagai landasan komunikasi dan penyerapan informasi yang lebih baik.

Hidupkan Rasa Penasaran Terhadap Kata Baru

Salah satu cara memperluas pemahaman kosa kata adalah mencari arti kata yang baru ditemui dalam bacaan. Jangan ragu untuk mencarinya dalam kamus maupun internet. Jika dirasa tidak sempat, catatalah dalam pengingat agar kita tetap mencari arti kata tersebut. Meskipun kelihatannya sepele, cara ini ampuh untuk menambah sedikit demi sedikit kosa kata dalam ingatan. Tidak sekedar mengatasi rasa penasaran, cara ini bisa melengkapi pemahaman yang penuh terhadap suatu kata ketimbang sekadar menebak artinya.

Pertajam Ingatan Kata Secara Berkala

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sesuatu yang tidak diulang atau diingat kembali akan segera dilupakan. Oleh karena itu perlu ada pengulangan yang dilakukan secara berkala untuk menyegarkan ingatan tersebut. Penyegaran tersebut bertujuan untuk mengubah ingatan sebuah kata menjadi ingatan jangka panjang yang tidak akan terlupakan sampai kita memasuki usia senja.

Kita dapat melakukan aktivitas seperti bermain scrabble, flash card ataupun permainan tebak kata yang jamak ditemukan dalam playstore. Tidak dibutuhkan waktu khusus untuk memainkannya, cukup lakukan secara santai dan dalam waktu yang singkat sekitar 10-15 menit setiap kalinya.

Belajarlah dengan Tema Tertentu

Penelitian membuktikan bahwa proses memelajari kata-kata baru akan lebih mudah dilakukan dalam suatu tema ketimbang memelajarinya secara parsial. Kita akan lebih mudah memahami kata-kata tersebut karena semuanya saling berkaitan satu sama lain. Misalnya akan lebih mudah jika kita memelajari daftar nama buah-buahan dan sayuran dalam tema tanaman pertanian ketimbang memelajari secara acak. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah dengan mendengarkan lagu yang memiliki tema senada sehingga akan timbul pengesanan yang lebih kuat terhadap kata tersebut.

Perkaya Bacaan dari Beragam Sumber

Membaca mungkin kedengarannya membosankan, namun membaca ternyata bermanfaat bagi kita. Meskipun kita akan dicap sebagai kutu buku oleh orang lain, namun status tersebut harus disikapi secara positif karena orang lain menganggap kita sebagai pribadi yang tekun membaca.  Kegiatan membaca mempertemukan kita dengan kata-kata yang sudah dipahami maupun belum. Proses membaca membuat kita dapat memahami suatu kata lebih mendalam dengan merasakan perasaan / pesan dari penulis.

Ketika membaca, perhatikan dengan seksama kata-kata yang belum dipahami dan mulailah menerka arti kata tersebut lewat bacaan yang dibawakan. Dalam bacaan pasti ada kata-kata yang sentral posisinya dan menjelaskan topik bacaan secara umum. Sebagai permulaan kita dapat membaca dengan topik yang disukai, lalu cobalah topik yang berbeda dengan jenis bacaan yang berbeda pula. Ragam jenis bacaan ini membantu kita memperluas pemahaman terhadap kata, gaya bahasa dan informasi yang diberikan agar kita dapat berkomunikasi lebih baik melalui tulisan maupun lisan.

Bermainlah dengan Kata

Memelajari kata-kata baru dapat dilakukan melalui beragam permainan. Meskipun kita tidak lagi dalam fase anak-anak, kita masih bisa menggunakan metode yang sama dengan mereka. Permainan ini dapat berupa permainan kata, tebak gambar maupun melalui tema tertentu. Meskipun kedengarannya aneh, cara ini tetap ampuh karena proses belajar yang sederhana membantu memudahkan otak dalam mengingat. Selain itu permainan kata dapat membentuk kesadaran untuk menguasai bahasa dengan lebih baik.

Pelajari Juga Bahasa Gaul

Memelajari bahasa inggris tidak melulu harus melalui media formal dan bahasa yang baku. Bahasa slang/ bahasa pergaulan dapat menjadi opsi lain untuk dipelajari. Memelajari bahasa ini akan memudahkan kita menyerap kosa kata yang digunakan dalam pergaulan sehari-hari dan memahami keadaan sosial masyarakat. Selain itu bahasa slang akan menghilangkan kekakuan dalam percakapan dengan orang asing karena akan menghilangkan perbedaan kultural antara kita dengan mereka.

Gunakan Kata Tersebut

Semua kata yang kita pelajari nampaknya akan sia-sia tanpa ada usaha untuk mengaplikasikannya. Ketika kita menemukan kata baru tersebut, gunakanlah dalam bahasa lisan maupun tulisan. Penggunaan ini dimaksudkan agar kita dapat terus mengingat kata tersebut di kemudian hari dan membiasakan diri dengan perkembangan dalam memelajari bahasa inggris.

Nikmati Proses

Kesabaran menjadi kunci dalam memelajari semua hal. Tidak ada cara yang instan untuk menguasai bahasa. Perlu kerja keras, ketekunan dan waktu yang panjang dalam menguasai bahasa inggris. Menikmati proses yang ada akan membuat kita menghargai setiap perkembangan diri dan menjadi dorongan lebih agar tetap bersemangat dalam belajar bahasa inggris.

Sumber:

https://www.lingualift.com/blog/how-to-improve-vocabulary/

https://thinkwritten.com/improve-vocabulary/

https://medium.com/science-journal/how-to-expand-your-vocabulary-4131cf6d3622

https://grammar.yourdictionary.com/for-students-and-parents/how-to-increase-your-vocabulary.html

https://www.fastcompany.com/40441377/this-is-how-to-sound-smarter-by-improving-your-vocabulary

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia

20 Mei 2022 02:54
Materi dan Pembelajaran SMA

Era Aufklarung, Masa Setelah Renaisans

20 Mei 2022 02:32
Materi dan Pembelajaran SMA

Indonesia Masa Awal Kemerdekaan

20 Mei 2022 11:19
Pengetahuan Umum

Aksi Kamisan, Berdiam Diri Melawan Lupa

17 Mei 2022 01:55
Pendidikan Umum

7 Tips Ampuh Mempersiapkan Diri Menuju SBMPTN

15 Mei 2022 09:47