Apa Itu Sistem Penilaian Respon Butir (IRT)? , Ini Penjelasannya

Penulis: Muhamad Ikhsan
08 Mei 2022 07:43

UTBK yang sudah dekat membuat setiap siswa merasa khawatir dengan nilai mereka nantinya. Sistem penilaian UTBK yang berubah-ubah menjadi simpang siur, padahal pemahaman terhadap hal ini sangatlah vital karena dapat menentukan bagaimana siswa tersebut lulus dalam UTBK dan diterima di PTN impian.

Sistem penilaian yang digunakan sejak SBMPTN 2018 adalah sistem penilaian Item Response Theory (IRT) atau Teori Respons Butir. Pada tahun-tahun sebelumnya, penilaian SBMPTN didasarkan jika siswa menjawab dengan benar akan mendapatkan skor (+4), jika jawaban salah mendapatkan skor (-1) dan soal yang tidak dijawab akan mendapatkan skor nol (0).

Nah, sistem IRT yang diklaim lebih akurat dan efektif ini memiliki cara penilaian yang berbeda. Sistem IRT memiliki ciri khas yaitu pembobotan nilai pada soal yang berbeda dimana setiap soal  dikategorikan berdasarkan soal mudah hingga sulit. Jika soal tersebut dijawab benar oleh mayoritas peserta maka bobot nilai soal tersebut lebih kecil dan dikategorikan sebagai soal mudah. Sebaliknya jika mayoritas peserta tak bisa menjawabnya dengan benar maka bobot nilai soal tersebut lebih besar dan dikategorikan sebagai soal sulit.

Menghitung Nilai dalam Penilaian IRT

Berikut ini merupakan cara penilaian soal berdasarkan metode penilaian IRT.

  1. Seluruh jawaban benar akan dinilai (+1), dan untuk soal yang tidak dijawab atau salah maka akan dinilai skor (0).
  2. Sesuai dengan penjelasan di bagian sebelumnya, soal akan dikategorikan sebagai soal mudah hingga sulit. Pengkategorian soal tersebut dilakukan oleh sistem dengan menganalisis setiap butir soal yang sudah dijawab oleh peserta. Jumlah peserta yang menjawab benar pada butir soal menggambarkan tingkat kesulitan soal dan nilai soal.

Dalam sistem penilaian IRT ini jika dua peserta menjawab total soal dengan jumlah soal benar yang sama, kemungkinan kedua peserta ini bisa mendapatkan nilai yang sama atau pun berbeda tergantung soal yang mana saja yang dijawab dengan benar.

 

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara (1)

21 Juli 2022 10:42
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Komunis Rusia Tahun 1917

21 Juli 2022 08:32
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49