Aksi Kamisan, Berdiam Diri Melawan Lupa

Penulis: Muhamad Ikhsan
17 Mei 2022 01:55

Jika kita kebetulan lewat di sekitaran Istana Negara pada hari kamis sore, mungkin kita akan melihat sekelompok orang dengan atribut serba hitam berkumpul dan berdemo. Ya, benar aksi itu bernama kamisan. Pastinya kita penasaran mengapa mereka dengan konsisten melakukan aksi ini. Apakah tujuan mereka, mengapa aksi ini dilakukan dan sekelumit pertanyaan lain dalam benak kita. Pada artikel ini kami menyajikan fakta mengenai aksi yang dilakukan keluarga korban pelanggaran HAM tersebut.

Mengapa Aksi Kamisan?

Aksi kamisan merupakan bentuk demonstrasi atas luapan rasa kecewa para keluarga korban pelanggaran HAM seperti kasus Tragedi 1965, Tragedi Semanggi, Tragedi Trisakti dan rangkaian pelanggaran HAM lain yang tidak ditindaklanjuti oleh pemerintah.

Aksi kamisan digagas oleh paguyuban keluarga/ korban pelanggaran HAM bernama Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK) bersama KontraS dan Jaringan Relawan Kemanusiaan (JRK) sebagai protes terhadap mandeknya pengusutan terhadap pelaku pelanggaran HAM.

Bagaimana Aksi Kamisan Dilakukan?

Aksi kamisan dilakukan dengan atribut serba hitam, mulai dari kaos, celana, sepatu bahkan payung. Bukan tanpa alasan atribut dan warna ini dipilih. Warna hitam menggambarkan keteguhan diri dalam mencari keadilan sedangkan payung hitam melambangkan simbol perlindungan atas semua cobaan dalam kehidupan.

Aksi kamisan pertama kali dilakukan pada tanggal 18 Januari 2007 dan terus berlanjut hingga saat ini atau sampai semua aspirasi didengar. Waktu yang dipilih adalah pukul 16.00-17.00 WIB. Tidak akan terdengar suara berlebihan dalam aksi ini, sebaliknya kamisan diwarnai dengan kerumunan orang yang diam dan hening.

Diam memiliki banyak makna. Diam adalah hak warga negara, diam adalah bentuk perlawanan yang sejati, bentuk keteguhan diri atas aspirasi yang belum didengar. Diam adalah simbolisasi atas pemerintah yang tetap diam terhadap para korban dan keluarga korban pelanggaran HAM di Indonesia

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara (1)

21 Juli 2022 10:42
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Komunis Rusia Tahun 1917

21 Juli 2022 08:32
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49