7 Tips Ampuh Mempersiapkan Diri Menuju SBMPTN

Penulis: Muhamad Ikhsan
15 Mei 2022 09:47

SBMPTN adalah hal keramat bagi siswa SMA dan alumni. Ujian tersebut menentukan nasib pelajar untuk memasuki jenjang pendidikan sarjana dalam empat tahun kemudian. Sayang kan, kalau semua yang kamu persiapkan selama tiga tahun di SMA terbuang percuma dengan kata-kata “anda dinyatakan tidak lulus SBMPTN…”. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri agar mimpi buruk tersebut tidak jadi kenyataan. Persiapan tersebut akan lebih mantap dengan melakukan 7 langkah berikut ini.

Rapikan Tempat Belajar

Tentunya kegiatan belajar tidak akan nyaman kalau tempat belajar kamu berantakan, ya kan? Merapikan tempat belajar disini sangat berguna untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan belajar. Kamu harus memerhatikan beberapa hal seperti menghilangkan benda-benda yang mengganggu pandangan dan berpotensi mengacaukan konsentrasi belajar, mengatur pencahayaan yang sesuai dan membereskan buku atau kertas sisa kegiatan belajar sebelumnya. Kerapihan akan memudahkan kamu berkonsentrasi.

Rencanakan Waktu Belajar Secara Rutin

Rutinitas akan membentuk jati diri kita. Tidak ada pemenang kompetisi yang belajar dalam waktu singkat. Oleh karena itu kegiatan belajar yang rutin membuat diri kita terbiasa melakukan hal yang berguna di masa depan, tidak hanya dalam urusan belajar. Merencanakan kapan waktu belajar akan membuat kamu menjadi pribadi yang terstruktur dan tidak terburu-buru dalam melakukan sesuatu.

Buatlah Peta Konsep dan Ringkasan

Peta konsep dan ringkasan membuat kita bisa memahami materi pembelajaran dengan rapi, terstruktur dan tidak terpotong-potong. Hal ini akan membuat kita memahami keterkaitan konsep dalam setiap materi dan tidak cepat melupakan materi pelajaran. Selain itu, belajar dengan hal ini memutuskan kebiasaan yang salah dalam belajar yakni menghapal. Menghapal tidak menambah ilmu karena menghapal sekedar mengingat definisi dan tidak membantu dalam memahami konsep ilmu pengetahuan serta mengembangkannya sebagai kerangka berpikir ilmiah.

Makan dan Minum Secara Cukup

Terkadang kamu merasakan lapar ketika belajar, tenang saja karena belajar merupakan proses berpikir yang membutuhkan banyak energi. Sudah sewajarnya kamu mempersiapkan makanan dan minuman ringan yang bisa dengan mudah kamu konsumsi ketika belajar. Satu hal yang diingat adalah makanan dan minuman tersebut haruslah memenuhi kadar kesehatan karena jangan sampai kegiatan belajar kamu tidak hanya menumpuk ilmu tapi juga menumpuk diri dengan junk food yang membuat kesehatan terganggu.   

Kerjakan Soal Ujian Tahun-Tahun Sebelumnya

Mengerjakan soal tahun-tahun sebelumnya membuat kamu bisa memahami bentuk soal dan materi apa saja yang biasanya diujikan. Kamu bisa membiasakan diri mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan ujian. Selain itu kamu bisa mengukur kecepatan dan ketepatan pengerjaan soal dengan menggunakan stopwatch ataupun alarm di ponsel agar kamu bisa mengukur waktu yang dibutuhkan sebenarnya pada setiap soal yang diujikan.

Belajar Bersama Teman

Belajar dengan kelompok membantu kamu mendapatkan pandangan baru terhadap materi yang diujikan. Selain itu kamu bisa melakukan kegiatan tutor sebaya dengan menjadi tutor dalam menjelaskan materi ujian. Menjelaskan ke orang lain membuat kita dapat memahami materi lebih baik ketimbang sekadar membaca dan memahaminya sendiri.

Survei Lokasi Ujian

Sebelum SBMPTN dimulai, ada baiknya kita mengecek lokasi ujian berada. Pengecekan memiliki banyak kegunaan seperti mempersiapkan mental, mencegah kesalahan dalam mengambil rute dan hal paling penting memperkirakan waktu tempuh yang harus dilalui. Survei ini mencegah kamu terlambat ke tempat ujian pastinya, sebab panitia SBMPTN tidak memberikan tambahan waktu atas keterlambatan kedatangan kamu ke lokasi ujian.

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Sejarah Dunia

Memahami Revolusi Industri di Eropa

01 Juli 2022 04:05
Pengetahuan Umum

Memahami Liberalisme dan Sosialisme

01 Juli 2022 03:49
Sejarah Dunia

Mengenal Ideologi Nasionalisme dan Demokrasi

01 Juli 2022 11:04
Materi dan Pembelajaran SMA

Kehidupan Sosial dan Politik Masa Pendudukan Jepang

15 Juni 2022 12:51