5 Sindrom Gangguan Belajar Yang Umum Terjadi

Penulis: Muhamad Ikhsan
13 Mei 2022 08:53

Masa sekolah merupakan masa yang penting bagi pembangunan diri seseorang. Pembangunan diri seseorang tidak sekadar membangun sisi kognitif melalui aktivitas calistung (membaca, menulis dan menghitung) namun juga harus membangun sisi sosial sebagai bekal hidup dalam masyarakat. Dalam kehidupan sekolah, terkadang kita menemukan teman di kelas yang kurang bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

Janganlah kita mengecap orang tersebut dengan predikat bodoh, bisa jadi teman kita mengalami gangguan belajar/ learning disorder. Gangguan belajar/ learning disorder merupakan keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan untuk memproses informasi melalui kemampuan dasar berupa membaca, menulis dan menghitung. Hal ini karena individu tersebut mengalami disfungsi sehingga tidak dapat dengan baik memproses informasi dengan semestinya.

Gangguan belajar bisa dialami siapa saja, meskipun dirinya orang jenius sekalipun. Nama-nama seperti Leonardo da Vinci, Thomas Edison dan Albert Einstein ternyata memiliki gangguan belajar berupa disleksia. Gangguan belajar tidak dapat disembuhkan, namun dapat diatasi dengan dukungan yang baik dari semua orang seperti teman, guru, orangtua dan pihak lain dalam lingkungan masyarakat. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa jenis gangguan belajar yang dimiliki sebagian orang.  

Disleksia

Disleksia merupakan sindrom gangguan belajar yang yang paling umum terjadi. Sindrom ini merupakan sindrom gangguan belajar yang memengaruhi kemampuan membaca dan memahami bahasa. Tingkat keparahan disleksia bervariasi antara satu orang dan lainnya namun secara umum disleksia dapat memengaruhi kelancaran membaca, memproses informasi, memahami bacaan, mengingat, menulis, pengejaan kata-kata dan bahkan kesulitan untuk berbicara dengan orang lain. Meskipun kesulitan dalam bidang bahasa, namun penderita sindrom ini biasanya memiliki kelebihan dalam seni, music,  gambar, olahraga dan kemampuan mekanis.

ADHD/ Attention Deficit Hyperactivity Disorder

ADHD merupakan sindrom gangguan belajar yang menyebabkan seseorang kesulitan fokus, memperhatikan sesuatu, mengendalikan aktivitasnya karena sifat diri yang hiperaktif.  Sindrom ADHD secara umum dapat dikategorikan menjadi dua jenis yakni ADHD hiperaktif-impulsif dan Innatentive ADHD. Kasus ADHD yang pertama mengakibatkan individu selalu bergerak, berbicara, kesulitan mengontrol emosi dan tidak bisa melakukan kegiatan yang tenang. Pada kasus kedua justru sebaliknya, innatentive ADHD menyebabkan individu tidak bisa mengikuti perintah dengan cepat, mengalami halusinasi, memproses informasi dengan lambat.

Diskalkulia

Jika disleksia mengganggu sektor pemrosesan bahasa seseorang, diskalkulia menyebabkan orang tersebut kesulitan memahami angka dan matematika. Individu dengan diskalkulia sangat sulit mengerti simbol-simbol dan operasi hitung matematika. Meski demikian, individu dengan diskalkulia bisa belajar dengan keras untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Disgrafia

Disgrafia merupakan sindrom gangguan belajar yang memengaruhi kemampuan motoric seseorang. Disgrafia menyebabkan individu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengerjakan pekerjaan motorik sederhana. Individu dengan disgrafia sangat kesulitan dalam menulis, menggambar dan tidak mampu memperkirakan ukuran dan memproses informasi yang diberikan.

Dispraksia

Dispraksia merupakan sindrom dimana seseorang tidak bisa mengontrol pergerakan otot tubuh. Individu dengan dispraksia sangat sulit mengkoordinasi gerakan tubuh, berbicara dan memproses informasi yang ada di sekitarnya. Kehidupan individu dengan sindrom ini mengharuskan dirinya selalu dibantu orang lain dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari, bahkan untuk urusan sederhana seperti urusan buang air kecil, berjalan dan kegiatan lainnya.

Sumber: 

https://ldaamerica.org/types-of-learning-disabilities/adhd/

https://ldaamerica.org/types-of-learning-disabilities/visual-perceptual-visual-motor-deficit/

https://www.readandspell.com/types-of-learning-difficulties

http://ldapei.ca/types-of-learning-disabilities.html

https://ldaamerica.org/types-of-learning-disabilities/

https://www.webmd.com/children/guide/detecting-learning-disabilities#1

https://www.kompasiana.com/pratiwidian/551b1403a33311ee21b65c20/learning-disorder

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel
Materi dan Pembelajaran SMA

Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia

20 Mei 2022 02:54
Materi dan Pembelajaran SMA

Era Aufklarung, Masa Setelah Renaisans

20 Mei 2022 02:32
Materi dan Pembelajaran SMA

Indonesia Masa Awal Kemerdekaan

20 Mei 2022 11:19
Pengetahuan Umum

Aksi Kamisan, Berdiam Diri Melawan Lupa

17 Mei 2022 01:55
Pendidikan Umum

7 Tips Ampuh Mempersiapkan Diri Menuju SBMPTN

15 Mei 2022 09:47